x

Wahana Antariksa Eropa Rekam Penampakan ‘Mata’ Berukuran Raksasa di Mars

waktu baca 1 menit
Rabu, 15 Jun 2022 12:45 0 320 Redaksi

Wahana antariksa Mars Express milik European Space Agency (ESA) mengabadikan gambar kawah besar menyerupai mata manusia yang ditemukan di Mars.

Foto yang diambil pada 25 April mengungkapkan fitur-fitur menarik dari kawah yang belum terjelajahi dan diberi nama. Kawah misterius itu membentang hampir 29 kilometer di wilayah Aonia Terra, yang terletak di dataran tinggi selatan Planet Merah. Di sekelilingnya, terdapat tanda-tanda aliran air ketika kondisi di Mars jauh lebih hangat dan basah di masa lalu.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Aonia Terra digadang-gadang tempat yang berpotensi layak huni di Mars, mengingat wilayah ini kemungkinan pernah dialiri cairan sekitar jutaan tahun silam.

“Foto ini seolah-olah menggambarkan mata manusia yang pembuluh darahnya kelihatan. Ada kemungkinan saluran-saluran di permukaan Mars dialiri cairan sekitar 3,5-4 miliar tahun silam,” demikian yang dijelaskan ESA dalam pernyataan resminya. “Tampak ada material gelap di bagian tengah saluran. Dan di beberapa tempat, permukaannya terlihat lebih tinggi.”

ESA menduga fitur-fiturnya muncul akibat endapan sedimen atau aliran lava di dasar saluran.

Kawah mirip mata manusia ini merupakan pemandangan unik terbaru yang berhasil ditangkap wahana antariksa dari Mars. Sebelumnya, ada formasi batuan mirip pintu dan objek runcing yang berbentuk seperti batang pohon.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x