x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Wabup JR Launcing Cafe Unik Dukcapil di Pasar Central, Solusi Layani Warga di Sore Hari,

waktu baca 3 menit
Sabtu, 4 Jun 2022 21:45 0 477 Redaksi

TIMIKA | Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob S.Sos MM melaunching Cafe Adminduk Dukcapil di Kompleks Wisata Kuliner Pasar Sentral, Sabtu (4/6/2022) malam.

Cafe ini merupakan kolaborasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika.

Seperti cafe lainnya, cafe ini juga menyiapkan beragam menu bagi pelanggan. Yang membuatnya unik, semua layanan di daftar menunya secara gratis bagi warga yang membutuhkan pelayanan terkait administrasi Kependudukan.

Menu layanan yang disiapkan antara lain, perekaman dan pencetakan e-KTP, biodata penduduk, KK, KIA, surat pindah penduduk, akta kelahiran dan kematian serta akta pencatatan sipil lainnya.

“Saya berikan apresiasi luar biasa kepada Dinas Dukcapil. Ini adalah bentuk smart city. Memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Bahkan, ada inovasi Disdukcapil, warga tinggal duduk di rumah bisa terima dokumen kependudukan,” kata Wabup.

Usai menggunting pita dan memotong tumpeng tanda launching, Wabup John menyerahkan dokumen adminduk kepada tiga orang pertama yang memanfaatkan layanan di Cafe Adminduk.

Cafe ini hanya dibuka setiap akhir pekan, Sabtu malam saat Wisata Kuliner paling banyak didatangi warga.

Sebagai program kolaborasi, Wabup meminta Disperindag juga berinovasi untuk mendatangkan semakin banyak pengunjung ke Wisata Kuliner, pasar malam.

“Dan akhirnya nanti, semakin banyak yang datang dan memanfaatkan layanan cafe ini. Bahkan, mungkin nanti instansi lain bisa ikut berkolaborasi di sini,” ujar Wabup JR.

Di lingkungan Pemkab Mimika, Disdukcapil jadi OPD paling kreatif dan inovatif. Cafe Adminduk merupakan inovasi ke-15 mereka.

” Saya secara pribadi mengapresiasi kreativitas Dukcapil Mimika dalam melakukan terobosan – terobosan dan inofatif selain itu, hal ini tentunya juga  dapat mempermudah dalam melayani masyarakat Kabupaten Mimika,”paparnya.

KSementara itu, Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo mengungkap, inspirasi Cafe Adminduk ini lahir dari aspirasi masyarakat yang menginginkan pelayanan cepat, mudah dan sederhana mungkin dengan suasana yang tak formal.

“Kalau Senin sampai Jumat, bapak ibu pasti harus mendatangi kantor dinas, distrik, kelurahan atau online. Tapi mulai hari ini, setiap akhir pekan, kami buka di Wisata Kuliner Pasar Sentral,” katanya.

Layanan adminduk jadi semakin penting di era digital sekarang. Hampir semua pelayanan pemerintah terkoneksi dengan data kependudukan. Situasi ini membuat pelayanan Disdukcapil praktis jadi dasar dari semua pelayanan pemerintah.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan malam ini bisa membahagiakan masyarakat Mimika sebagaimana esensi dari smart city,” kata Slamet.

Di cafe ini, Kantor Pengadilan Agama juga bakal hadir untuk memberikan konseling rumah tangga mengingat tingginya angka perceraian di Kota Timika.

Berita dengan Judul: Wabup JR Launcing Cafe Unik Dukcapil di Pasar Central, Solusi Layani Warga di Sore Hari, pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Redaksi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x