PPDB KOTA MEDAN 2022

Wabub Sholehien Abuasir. SP.Msi. Membuka Secara Resmi Lomba Balita Indonesia Tahun 2022 SeKabupaten Oku Selatan

Wabub Sholehien Abuasir. Sp.msi. Membuka Secara Resmi Lomba Balita Indonesia Tahun 2022 Sekabupaten Oku Selatan

MUARADUA –Liputan 4 Com. Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., membuka resmi kegiatan lomba balita Indonesia tahun 2022 tingkat Kabupaten OKU Selatan, Selasa (07/06/2022).Wabub Sholehien Abuasir. Sp.msi. Membuka Secara Resmi Lomba Balita Indonesia Tahun 2022 Sekabupaten Oku Selatan

Dikatakannya, momen ini merupakan waktu yang tepat unutk meningkatkan derajat Kesehatan ibu dan balita sebagai calon penerus pemimpin masa depan. Menurutnya, anak ataupun balita merupakan masa atau fase dalam kehidupan manusia yang memerlukakn perhatian khusus. Untuk itu, diperlukan pola asuh dan pembekalan pengatahuan sehingga akan berdampak positif bagi kehidupan dan masa depan anak.


Ditambahkannya bahwa saat ini secara nasional masih kerap terdengar persoalan gizi buruk di berbagai wilayah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas balita, memperbaiki gizi dan imunisasi lengkap agar tercipta generasi penerus yang Tangguh dan andal bagi pembangunan OKU Selatan.

Dia sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun guna mendukung perkembangan anak dan balita di Kabupaten OKU Selatan.

Ditambahkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo bahwa lomba balita Indonesia ini merupakan kegiatan yang baik yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembinaan anak sejak dini bahkan sejak dalam kandungan.

Isyana berharap agar kegiatan ini dilaksanakan bukan sekadar untuk meraih prestasi ataupun juara melainkan juga agar anak senantiasa sehat dan dan dapat meningkatkan aspirasi serta memiliki kemampuan baik kecerdasan, inovasi sebagai anak sehingga anak memiliki kualitas mental yang Tangguh, bertakwa dan beriman.

“Bukan hanya lomba, tapi ini merupakan contoh dari anak ataupun balita sehat,” katanya.

Dia berharap kepada seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan untuk terdepan dapat membantu pemerintah dalam menekan angka kematian ibu, anak dan bayi termasuk juga menurunkan kasus balita gizi buruk dan stunting.

“Kepada ibu-ibu yang berhasil dalam melakukan oembinaan Kesehatan terhadap anaknya, saya berharap agar ditularkan pengetahuannya tentang pentingnya pemeliharaan Kesehatan dan kebugaran fisik mental anak kepada masyarakat luas, terutama mereka yang memiliki bayi dan balita. Dan dapat mengidentifikasi masalah pertumbuhan dan perkembangan anak dan balita serta memanfaatkan pelayanan Kesehatan bila balita mengalami masalah pertumbuhan seperti gigi, Kesehatan, tumbuh kembang dan lain-lain,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, dr Meri Astuti, M.M., yang juga merupakan ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa peserta lomba balita Indonesia ini berjumlah 38 orang tardiri dari 19 anak kategori umur 6 sampai dengan 24 bulan, dan 19 anak kategori umur 2 sampai dengan lima tahun.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya orangtua agar dapat membina anak dengan baik dan benar, meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat akan upaya pembinaan dan perkembangan Kesehatan dan kesejahteraan balita, meningkatkan kemampuan ptugas Kesehatan dalam memberikan pelayanan Kesehatan dan deteksi dini tumbuh kembang balita.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran puskesmas dalam pembinaan Kesehatan dan perkembangan anak sehingga orangtua dan masyarakat dapat berperan aktif,” katanya.

Berikut daftar pemenang lomba balita Indonesia tahun 2022 Kabupaten OKU Selatan:

Pemenang Kategori umur 6 sampai dengan 24 bulan:
Juara I: Cinta Destiani (Kecamatan Muaradua)
Juara II: Shiza Khairunnisa (Kecamatan Muaradua Kisam)
Juara III: M Dayyan Munbarak (Kecamatan Buay Sandang Aji)
Harapan I: Cahaya Syaqila (Kecamatan Mekakau Ilir)
Harapan II: Argan Alfarizqi Kurniawan (Kecamatan Kisam Ilir)
Harapan III: Az-zahra Putri (Kecamatan Banding Agung

Pemenang Kategori Umur 2 sampai dengan 5 tahun
Juara I: Angelica Jasmin (Kecamatan Tiga Dihaji)
Juara II: Inara Alleera Hidayat (Kecamatan Muaradua)
Juara III: Hazira Aleena D (Kecamatan Banding Agung)
Harapan I: Asheqa Istiqomah (Kecamatan Muaradua Kisam)
Harapan II: Gilang Zaidan (Kecamatan Buay Runjung)
Harapan III: Ashfia Dinanti (Kecamatan BPR Ranau Tengah)

Print Friendly, Pdf & Email