x

Virus Loto-Lato Serang Ternak Sapi Kadis Peternakan Lamsel Intuksikan Upt Turun Cek Hewan Qurban

waktu baca 2 menit
Rabu, 28 Jun 2023 12:45 0 431 SRI WIDODO

Liputan4.com, Lampung Selatan

Ramainya virus Lumphy Skin Deases ( LSD) atau yang di katakan masyarakat penyakit lato-lato, yang menyerang ternak sapi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, kepala Dinas Peternakan Lampung Selatan, Ir. Rini Ariansih M.M. mengintruksikan para Upt peternakan untuk melakukan pengecekan kesehatan sapi Qurban.

Intruksi tersebut di sampaikan Kadis peternakan saat di konfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Rabu, (28/06/2023) kepada media liputan4.com, terkait maraknya virus lato-lato yang menyerang ternak sapi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

 

“Para Upt Peternakan sudah kami intuksikan untuk terus memantau ternak sapi di wilayah masing- masing dan untuk selalu memberikan informasi bila ada indikasi virus di wilayahnya untuk segera di tindak lanjuti,” ucap dia

Menurut Rini Ariansih, virus tersebut udah lama namun menjeng hari raya Idul Adha, virus LSD baru terlihat marak di sejumplah kecamatan di Lampung Selatan, namun pihaknya sebelumnya telah melakukan upaya untuk penyebaran virus tersebut beberapa bulan lalu.

 

“Kami selalau memberikan Edukasi ke peternak dan pelaku usaha terkait penyakit LSD ini, dengan memberikan surat edaran ke UPT, untuk memberian desinfektan dan penyemprotan di lingkungan kandang, bila terdapat gejala virus LSD, segera di lakukan vaksinasi dan pengobatan,” kata dia

Selain itu juga pihaknya menghimbau kepada para peternak untuk menjaga nutrisi makanan sapi dan untuk selalu membersihkan di lingkungan kandang ternak mereka. Dengan Hindari gengangan air disekitar kandang, serta kotoran untuk dikasih penawar bau agar lalat tidak suka lokasi tersebut, karena lalat cenderung tempat yang bau .
(Sriwi)

 

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x