x

Viral dalam Pemberitaan Media Online, Kapolres Toba Bersama Wakil Bupati Tersentuh Hatinya Bantu Ibu Kartini Manurung

waktu baca 5 menit
Rabu, 26 Jul 2023 17:04 0 260 ABDI SUMARNO

 

Lumban Julu, Liputan4.com – Kartini Manurung (43) seorang janda yang tinggal bersama 3 orang anaknya yang saat ini masih sekolah merasa Kaget dan terharu atas kedatangan Bapak Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb S.H, S.IK, bersama Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE yang langsung mengunjungi rumah nya di Desa Sibaruang, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (25/07/2023)

Pantauan di lapangan, Kehidupan Kartini Manurung bersama tiga orang anaknya saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Dimana Kartini bersama ketiga anaknya harus tinggal didalam sebuah rumah gubug reyot, dan benar benar tidak layak huni lagi dilihat dari kondisi fisik bangunan rumah.

Saat ini kondisi rumah yang ditempati Kartini Manurung bersama ketiga anaknya beratapkan seng yang sudah lapuk dan karatan bahkan sebagian atap sengnya ada yang  bocor, sedangkan dinding depan rumah terbuat dari papan yang sudah lapuk. Untuk dinding kanan dan kiri hingga belakang bangunan rumah yang mereka tempati terbuat dari tepas bambu yang sudah kering serta lapuk dan bahkan nampak hampir rubuh.

Kondis dinding rumah kalau di lihat dari luar tembus kedalam demikian juga dilihat dari dalam tembus keluar dari kedua dinding rumah demikian juga dinding belakang bahkan ternak ayam bisa masuk kedalam rumah dikala ditinggal pergi kerja kesawah atau ladang sebut Kartini Manurung.

Kartini Manurung mengeluhkan bila dimalam hari dengan kondisi hujan dan cuaca angin deras bertiup, sudah pasti tiupan angin masuk ke dalam rumah dan dinginnya malam dipastikan semakin terasa sangat dingin karena angin malam juga masuk bertiup kedalam rumah.

Mereka hanya bisa berdiam diri dalam tidurnya masing masing dengan menahan dinginnya cuaca serta dinginnya tiupan angin malam yang masuk merambat kedalam rumah dari celah dinding tepas bambu. Mereka menghadapinya dengan selimut sederhana yang mereka miliki.

Disamping berdindingkan tepas bambu dan papan yang sudah tua dan lapuk, kondisi rumah Kartini hanya berlantaikan tanah. Mereka tidur hanya beralaskan tikar seadanya yang sudah lama mereka miliki yang dibentangkan langsung diatas tanah dan mereka bertiga tidur satu hamparan tikar dengan kelambu yang lusuh mengatasi gigitan nyamuk.

Untuk menyambung hidup dan biaya sekolah anaknya, terpaksa anaknya paling besar sepulang sekolah, menjadi buruh tenaga kerja upahan diladang warga lainnya. Sedangkan Kartini dan anaknya yang kecil berupaya bekerja dilahan sawah yang mereka sewa dari orang lain serta ditanah yang ditinggalkan suaminya dijadikan kebun ubi dan beberapa tanaman muda lainnya untuk kebutuhan hidup keluarga sehari hari.

Dalam keluhannya Kartini sangat berharap dan bermohon kiranya ada seseorang yang berbaik budi bisa membantu meringankan beban keluarganya dan sangat berharap rumahnya bisa direhap untuk menjadi rumah layak huni. Dengan harapan supaya anak anaknya terhindar dari cuaca dingin berikut dinginnya tiupan udara malam ditambah kondisinya saat ini yang sudah sakit sakitan.

Saat ini, Ibu Kartini Manurung sudah tidak perlu larut dalam kesedihan lagi di karenakan doa ibu Kartini Manurung terjawab sudah, di mana Bapak Kapolres Toba bersama Wakil Bupati langsung mengunjungi ke rumahnya.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb menjelaskan,

” Kami disini bersama Wakil Bupati dan Perangkat Desa Sibaruang sebenarnya bukan ini saja kegiatannya tapi kami semua mempersiapkan semuanya mulai dari Bhabinkamtibmas untuk melihat, meninjau dan menanyakan bagaimana kondisi masyarakat yang ada di Toba dan ternyata ada salah satu warga di Desa Sibaruang,”ucapnya

Lanjut, AKBP Taufiq Hidayat menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan atas informasi yang diperoleh dari pemberitaan di beberapa Media Online yang saya terima

Dari informasi itu, di ketahui Bahwasanya ibu Kartini Manurung ini dalam keadaan sakit dan juga kurang mampu. Di sinilah jiwa kemanusiaan kami yaitu saya bersama Wakil Bupati tergerak untuk datang melihat keadaan kondisi ibu Kartini Manurung.

Kalau Menurut program, Kata Kapolres bahwa ini bukan program apa – apa tapi ini benar benar jiwa kemanusiaan kita untuk saling membantu,

” karena sebaik baiknya manusia, orang yang bermanfaat dan berguna  untuk orang lain, saling membantu sesama,” tutur Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres, Saya sudah berkoordinasi dengan Wakil Bupati Toba, Camat Lumban Julu, Kepala Desa Sibaruang, perangkat desa dan semua masyarakat yang ada di Desa Sibaruang, mari kita sama – sama gotong royong untuk membantu saudara kita ini. Tadi sudah di hitung apa saja yang di perlukan, kami siap dari pihak Polres, Polsek dan Pemkab, Camat, perangkat desa dan kepala desa untuk membantu di sini.

” Hari ini kita akan membawa ibu Kartini Manurung untuk berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah Porsea dan tadi sudah di cek kesehatan barusan agak sakit. Bahwa kita sebagai manusia yang punya rasa kebersamaan ingin ibu Kartini Manurung dalam keadaan sehat karena melihat kondisinya pun dan mempunyai anak tiga dimana kondisi rumah nya pun tidak layak di huni,”pungkas Taufiq.

Sementara itu, Kepala Desa Sibaruang Parno Butar Butar mengucap terimakasih banyak atas kehadiran Bapak Kapolres Toba bersama Wakil Bupati untuk memberikan bantuan kepada warga kami yang kurang mampu

Untuk sementara nanti sesuai dengan permintaan bapak Kapolres dan Wakil Bupati Toba bahwa surat tanahnya akan kita uruskan nanti kita bantu ucap Parno Butar-butar.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE, Camat Lumban Julu, Kepala Desa Sibaruang Parno Butar – butar, Dr Jimmy Hasibuan selaku Dokter di Klinik Kesehatan Polres Toba, Dinas Kesehatan Toba, Kapolsek Lumban Julu AKP R Sembiring yang di wakili Kanit Reskrim Polsek Lumban Julu, Kasat Sat Samapta Polres Toba AKP D Hutauruk, Bhabinkamtibmas Polsek Lumban Julu, Satlantas Polres Toba dan Perangkat Kecamatan Lumban Julu serta perangkat desa Sibaruang.(Abdi)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x