x

Tradisi Syawalan Di Kab Pekalongan Dimeriahkan Dengan Gunungan Megono Dan Hasil Bumii

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Apr 2024 17:32 0 480 REDAKSI JATENG

Liputan4.com Jateng
Kabupaten Pekalongan Tradisi Syawalan kirab Megono Gunungan digelar hari, Rabu (17/04) di obyek wisata Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. kegiatan berlangsung meriah.

Tradisi yang rutin digelar setelah sepekan Lebaran Idul Fitri ini diawali kirab Gunungan Megono dan Gunungan hasil bumi dari 19 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan, kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan acara Syawalan serta penampilan kesenian tradisional khas Kota Santri.
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan Forkopimda serta ribuan masyarakat Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya hadir untuk menyaksikan prosesi acara tersebut.

Dalam sambutanya, Bupati Pekalongan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu hal yang Istimewa, karena tradisi syawalan ini merupakan tradisi turun temurun yang harus kita pertahankan. “Sebab, hari ini dari berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten Pekalongan menunjukkan hasil bumi,” ujar Fadia.

Menurutnya, acara hari ini niscaya akan membawa keberkahan dan patut dilestarikan. “Insyaallah, tahun depan Linggoasri akan lebih baik lagi dengan kepemimpinan berkelanjutan,” tambah bupati.

Bupati juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi, sehingga acara kali ini lancar baik, meriah dan lancar.

Kepala Dinporapar Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro, mengungkapkan, bahwa pelaksanaan syawalan megono gunungan tersebut merupakan hasil kolaborasi semua pihak, khususnya masyarakat Linggo Asri yang telah meraih penghargaan nasional tingkat dua sebagai desa moderasi nasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, tokoh masyarakat, dan organisasi yang telah berpartisipasi dalam membantu kelancaran dan pengamanan acara ini,” ungkapnya.

Dinkominfo Kabupaten Pekalonga

REDAKSI JATENG

Exs Karisidenan Pekalongan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x