x

Tidak Tersentuh Anggaran Desa, Warga Kampung Cikadongdong Sukamahi Bangun Jalan Lingkungan Secara Swadaya

waktu baca 2 menit
Minggu, 30 Apr 2023 16:52 0 783 KUSWANDI

LIPUTAN4.COM, TASIKMALAYA – Selama ini, Pemerintah Desa setiap tahun menerima total anggaran yang jumlahnya milyaran. Anggaran tersebut berasal dari Dana Desa (DD), Bantuan Gubernur ( BanGub), maupun dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Seyogyanya uang miliaran rupiah yang masuk ke Pemerintah Desa, dapat memberikan pemerataan pembangunan di tiap dusun, sehingga akhirnya dapat di nikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tetapi sangat di sayangkan, miliaran uang tersebut belum mampu menjamah jalan lingkungan yang berada di Kampung Cikadongdong kidul RT. 02 RW. 04, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jalan lingkungan yang sudah lama rusak tersebut, selalu di keluhan warga masyarakat di Kampung Cikadongdong, Desa Sukamahi, karena sangat tidak nyaman dilalui warga setempat.

ROKOK ILEGAL

Untuk membangun jalan lingkungan yang sudah lama rusak di wilayah tersebut, masyarakat setempat secara swadaya mengumpulkan uang dan melakukan gotong royong membangun jalan lingkungannya.

link game terbaru Gratis!!

Dengan sukarela, masyarakat secara patungan memberikan sumbangan dananya sebesar Rp. 60.000,-/ orang untuk membangun jalan lingkungan tersebut, tanpa ada campur tangan bantuan Pemerintah Desa Sukamahi.

” Karena tak kunjung ada bantuan pemerintah desa setempat, kami berinisiatif membangun jalan lingkungan yang sudah rusak dengan cara swadaya, ” ucap Asep ( 40) salah satu warga Kampung Cikadongdong, Desa Sukamahi, pada awak media liputan4.com, Sabtu (29/04/2023).

Lanjut Asep, panjang jalan lingkungan yang saat ini sedang dibangun oleh warga sekitar 100 meter, dibangun hasil iuran warga Kampung Cikadongdong, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Masih kata Asep, kami warga Kampung Cikadongdong secara gotong royong memperbaiki jalan lingkungan ini supaya tidak semakin hancur parah, walaupun tidak ada bantuan dari pemerintah desa setempat.

Saya berharap, pemerataan bantuan anggaran untuk pembangunan di tiap-tiap kampung harus menjadi prioritas Kepala Desa, sehingga masyarakat merasakan adanya kehadiran dan peran serta pemerintah ditengah-tengah kehidupan mereka.

Penulis : Kuswandi

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x