Spirit Sadar Lingkungan, KKN Posko 03 STKIP Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah dan Penghijauan

Spirit Sadar Lingkungan, Kkn Posko 03 Stkip Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah Dan Penghijauan

Liputan4.com, Sumenep – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 03 STKIP PGRI Sumenep di Desa Bringin, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sosialisasi pengelolahan sampah dan penanaman pohon (penghijauan).

Kegiatan tersebut Kelompok KKN Posko 03 STKIP PGRI Sumenep bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep dan dilaksanakan di Balai Desa Bringin. Hal tersebut berangkat dari kesadaran terhadap lingkungan hidup, hingga mahasiswa mengajak masyarakat sadar terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat dan aparatur desa, BPD, RT/RW, Ibu PKK dan DPL.


Ketua KKN Posko 03 STKIP PGRI Sumenep Setelah sukses gelar Sosialisasi Pengolahan sampah dan Penanaman Pohon (Penghijauan).

Dirinya merasa sangat puas dengan program yang telah dilaksanakan, artinya meski dengan anggota kelompok yang hanya segelintir orang namun dapat memunculkan trobosan baru dibidang pengabdian kepada masyarakat. Dengan anggota 6 mahasiswa semangat pengabdian serasa semangat 60 orang.

“Terimakasih sebanyak-banyaknya kami sampaikan terutama kepada Kepala Desa yang telab memfasilitasi, kepada perangkat, aparat dan BPD yang juga andil dalam kegiatan ini,” kata Fawas Irfani selaku ketua KKN posko 03, Selasa (9/8/2022).

Program ini merupakan program unggulan KKN posko 03 STKIP PGRI Sumenep mengingat pentingnya memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bagaimana mengelola sampah dengan baik sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan, disamping itu sampah-sampah yang ada dapat dimanfaatkan menjadi barang baru dan berharga yang memiliki nilai jual sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

Perwakilan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep menyampaikan, dalam sosialisasinya juga menambahkan, ucapan terimakasih terhadap progran KKN yang membantu memberikan ruang terhadap DLH untuk menjangkau daerah-daerah yang cukup terpencil terkait dengan pengolahan sampah, sekaligus penghijauan.

“Kami sangat senang ada adek-adek KKN yang bisa memberikan kesempatan bagi kami untuk menyampaikan perihal pengolahan sampah,” jelasnya.

Bambang selaku Ketua BPD Bringin dan mewakili Kepala Desa Bringin menyampaikan, mengaku sangat mengapresiasi terhadap program kerja mahasiswa KKN 03. Dengan kegiatan seperti ini menjadi awal membangun untuk lebih maju kedepannya.

“Mereka sudah bermasyarakat, baik ke sekolah, ke warga sekitar, lebih-lebih sudah bisa memberikan kegiatan positif seperti ini, semoga dapat membangun kesadaran dan memberikan penyadaran tentang pentingnya megelola sampah dan penghijauan,” tutupnya.

Dapat diketahui, setelah sesi sosialisasi dilanjutkan ke sesi penanaman pohon, salah satu kiat untuk menjaga agar hidup tetap lestari, dan menambah pasokan oksigen sehingga udara tetap bersih dan tidak tercemar. Kegiatan itu dilaksanakan di Embung Bringin, Kecamatan Dasuk yang rencananya akan di konsep sebagai wisata.