x

Sebanyak 124 Sarjana Baru FHS Unma Banten Ikuti Yudisium

waktu baca 3 menit
Minggu, 15 Okt 2023 23:41 0 197 L4 Banten

Liputan4.com  Pandeglang – Jelang Wisuda Sarjana, sebanyak 124 mahasiswa Fakultas Hukum dan Sosial (FHS) Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten dikukuhkan menjadi sarjana Strata 1 sesuai program studi (Prodi) pada giat yudisium, yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Unma Banten, dan dihadiri perwakilan rektorat, para kepala biro akademik, dan para dosen FHS, Sabtu (14/10/2023).

Pada sambutan yang diselingi pantun edukatif, Ketua Pelaksana, M Arif Mulyawan R, mengatakan pelaksana giat tersebut adalah untuk pengukuhan kesarjanaan para mahasiswa FHS setelah sebelumnya para mahasiswa itu berhasil menempuh ujian sidang akhir skripsi. Yudisium tersebut diikuti tiga program studi (Prodi), yakni Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi. “Di Acara Yudisium ke 31 yang diikuti 124 Mahasiswa yang telah memenuhi syarat kelulusan dari tiga prodi yang ada di FHS Unma Banten. Mereka telah selesai menempuh 8 semester perkuliahan dilanjut sidang skripsi sebagai pengujian kesarjanaan,” ujarnya.

Adapun surat pengesahan yudisium dibacakan oleh Wakil Dekan 1 FHS Unma Banten, Agus Deni Kencana bahwa giat yudisium tersebut adalah bagian dari rangkaian akhir akademik yang berlandas pada keputusan Rektor Unma Banten dan Dekan FHS Unma yang mengacu pada nomenklatur peraturan kementrian pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

“Yudisium ini mengacu pada peraturan Kemendikbudristek yang diteruskan surat keputusan rektor dan dekan Unma. Yakni mahasiswa yang mengikuti yudisium adalah mereka yang telah lulus menempuh pendidikan sesuai peraturan akademik yang diberlakukan. Sehingga pada hari ini secara seremoni kita gelar acara pengukuhan gelar kesarjanaan,” terangnya.

Caption : Sebanyak 124 mahasiswa Fakultas Hukum dan Sosial (FHS) Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten dikukuhkan menjadi sarjana Strata 1 sesuai program studi pada giat yudisium, yang bertempat di GSG Unma Banten, dan dihadiri perwakilan rektorat, para kepala biro akademik, dan para dosen FHS, Sabtu (14/10/2023).

Dekan FHS Unma Banten, Rizal Rohmatullah dalam sambutan mengharapkan kepada para mahasiswa lulusan yang sudah sukses meraih gelar sarjana diharapkan bisa memanfaatkan keilmuan yang telah diperoleh selama dibangku kuliah. Menurut Rizal, tantangan ke depan akan lebih kompleks karena mereka harus bergulat dengan kondisi dunia nyata.

“Setelah usai pendidikan di kampus, bukan berarti tak ada tantangan di depan. Karena dunia nyata di masyarakat segera akan kalian hadapi. Dan jangan puas dengan raihan saat ini. Pesan saya, jika ada kesempatan teruslah menuntut ilmu, dan semoga ilmu yang sudah kalian peroleh bisa bermanfaat bagi dirimu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Rizal, sembari diakhiri pantun-pantun jenaka.

Sementara, mewakili unsur rektorat, Wakil Rektor II, DR Taryanto mengucapkan selamat kepada semua sarjana lulusan FHS yang sudah menempuh pendidikan maksimal. Dikatakannya, bahwa keilmuan itu penting, karena ilmu bisa jadi jalan hidup manusia, namun yang lebih penting lagi pembangunan akhlakul Karimah, itu adalah yang paling utama.

“Mathla’ul Anwar adalah wadah perguruan yang sudah lebih satu abad berdiri. Berlandaskan kepada ahlusunah wal jamaah. Sehingga wasilah Mathla’ul anwar tak akan lepas dari ghirah perjuangan para pendahulu. Jadi, di sini Saya berharap saatnya nanti ilmu kalian bisa bermanfaat, namun akhlakul karimah tetap harus melekat. Tetaplah kalian hormat kepada orang tua, guru dan mereka yang telah berjasa, karena disitulah akar hakiki dari diraihnya cahaya kehidupan oleh kalian. Semoga kalian semua menjadi orang yang berguna, aamiin,” ucap Warek II memberikan pesan.

Diketahui, pada yudisium FHS ke 31 tersebut ada tiga mahasiswa dari tiga prodi dinyatakan berhasil meraih indeks prestasi (IP) cumlaude, mereka adalah : Iin Purwini dari Prodi Hukum dengan IP 3,63. Lalu Vany Fazriah Ratna Kusmala dari Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IP 3,80 dan Mira Marlina dari Prodi Ilmu Komunikasi dengan IP 3,72. (Hs)

 

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x