x

Sangat Berbahaya, Tim Rescue Regu 3 Damkar OKU Evakuasi Sarang Tawon Dirumah Warga Air Paoh Baturaja

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Jul 2023 23:49 0 394 AGUS MAULANA

 

Liputan4.com sumatera selatan – Baturaja, Tim Rescue Regu 3 Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan yang selalu siap melaksanakan tugas kesiapsiagaan 1 X 24 Jam pada Senin malam Selasa, (03/07/2023) sekira Pukul. 21.30.WIB melakukan evakuasi sarang tawon Gung yang sangat membahayakan di jalan Danau Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur.

Damkar OKU mendapat laporan dari awak media Liputan4.com pada Senin malam Selasa, (03/07/2023) sekitar pukul.20.15.WIB, tanpa menunggu waktu lama dengan menggunakan 1 unit mobil rescue langsung menuju ke Lokasi pada pukul 21.15. WIB. Tim Rescue Regu 3 yang dipimpin langsung di lokasi oleh Heriyanto, S. T., selaku Kasi Evakuasi dan Penyelamatan Damkar OKU bersama personil lainnya diantaranya Eka Saputra, Murni, Ferdi Nata, Enggi Fernandi, Riski Kurniawan, Fanza Erhano dan Septa Mohammad Sobirin langsung menyiapkan peralatan dan APD (Alat Pelindung Diri) agar terhindar dari sengatan tawon yang sangat berbahaya tersebut.

Heryanto, S.T., Kasi Evakuasi dan Penyelamatan Damkar OKU dalam kesempatannya menyampaikan, malam ini Tim Rescue Regu 3 melakukan evakuasi sarang tawon Gung yang sangat berbahaya dirumah warga di jalan Danau Desa Air Paoh setelah mendapat laporan langsung dari warga masyarakat. Ini memang sudah menjadi tugas dari Damkar OKU terkait dengan penyelamatan disamping menangani kejadian kebakaran.

” Sarang tawon yang kita evakuasi adalah tawon Gung yang sangat berbahaya bagi manusia jika tersenggat. Evakuasi seperti ini sering kita lakukan bahkan seperti menangkap Ular sangat di pemukiman warga dan lain – lainnya pernah kita lakukan,”ujarnya.

“Evakuasi sarang tawon Gung yang sangat berbahaya ini memang sebaiknya dilakukan di malam hari, karena pada siang hari tawon ini sangat agresif. Hal ini kita lakukan untuk menghindari hal – hal yang dapat membahayakan petugas evakuasi dan warga masyarakat sekitar,”ungkapnya.

Lanjut Heriyanto, dalam mengevakuasi sarang tawon Gung ini diperlukan ketenangan, apalagi sarang tawon Gung ini bersarang di aliran kabel listrik bertegangan tinggi sebelum masuk ke meteran PLN rumah warga.

“Kepada warga masyarakat OKU jika membutuhkan tenaga kita, jangan sungkan – sungkan kita dari Dinas Damkar OKU siap bertugas dalam melayani 1 x 24 jam,”tutupnya.

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x