x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Rakor Rencana Pembentukan BUMD Di Kabupaten Oku Selatan

waktu baca 2 menit
Kamis, 3 Nov 2022 20:45 0 272 Redaksi

MUARADUA Liputan 4 com – Mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan H. Romzi S.E.,M.Si., Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H. Hermansyah Said, S.Ip., Pimpin Rapat Persiapan Pembentukan BUMD Kabupaten OKU Selatan, Kamis (03/11/2022).

Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) adalah badan usaha yang seluruh bagian besar modalnya dimiliki oleh Daerah, pendirian BUMD ditetapkan sesuai aturan Pemerintah Daerah.Rakor Rencana Pembentukan BUMD Di Kabupaten Oku Selatan

Kepala Bagian Ekonomi Setda OKU Selatan, Permiadi Haikal., S.Sos., M.M., dalam paparannya menyampaikan dasar hukum pembentukan BUMD mengacu pada Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2017, tentang BUMD dan Peraturan Mentri dalam Negeri No 37 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota dewan pengawas, BUMD terdiri atas Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) dan Perusahaan Perseroan Daerah (PERSERODA).

“Tujuan dibentuknya BUMD yakni, menambah pendapatan asli daerah, memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut, membuka peluang kerja bagi masyarakat sebagai perintis kegiatan usaha dan memberikan perlindungan, bantuan bagi usaha mikro,” ujarnya.

Disambung ketua Tim Pembentuk BUMD, DR. Abdul Bashir, S.E., M.Si, menyampaikan yang melatar belakangi pembentukan BUMD di OKU Selatan adalah otonomi daerah, kewenangan Pemerintah Daerah mendirikan BUMD, belum adanya BUMD, perlunya kebijakan strategis, perlunya kajian akademik dan lainnya.

“OKU Selatan ini banyak potensi yang harus diolah serta dikembangkan, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah OKU Selatan yang telah menerima kehadiran saya dan Tim,” ujarnya.

Asisten II juga menyampaikan Pembentukan BUMD ini menjadi peluang dan Keuntungan bagi Masyarakat serta menjadi Keuntungan juga bagi Pemerintah Daerah, laju ekonomi Masyarakat terutama di OKU Selatan bisa bejalan dengan signipikan dan bisa mendaptkan modal dari kekayaan daerah.

Selanjutnya Asisten II juga ungkapkan, Sinergitas harus kita jalin sebaik mungkin, sehingga BUMD OKU Selatan dapat berjalan dengan baik, harpanya semoga semua aset di OKU Selatan dapat di kelola BUMD, sehingga lapangan pekerjaan untuk Masyarakat semakin meningkat serta dampaknya dapat dirasakan semua pihak selain itu bisa Meningkatkan PAD OKU Selatan.

” Asisten II tekankan Kepada Dinas terkait agar mampu mengelola semua Aset yang ada di OKU Selatan ini, semoga pembentukan BUMD ini dapat meningkatkan Lapangan pekerjaan serta sesuai apa yang diharapkan dan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Bertempet di Ruang Rapat Sekda, Turut hadir Kepala Bappeda Litbang, Kepala BPKAD, Kadin Parbud, Kadin Pariwista, Kabag Perekonomian dan SDM, Kabag Keuangan, Kabag Umum, Kabag Hukum, Kabag Tapem, Tim Pembentuk BUMD dan Tamu Undangan lainnya.

Berita dengan Judul: Rakor Rencana Pembentukan BUMD Di Kabupaten Oku Selatan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Willy Apriandi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x