x

Puskesmas Rawat Inap dan PLKB Kecamatan Cilograng Mengadakan Pelayanan KB Gratis

waktu baca 2 menit
Jumat, 18 Nov 2022 13:45 0 418 Redaksi

Liputan4.com LEBAK- Dalam momentum pembukaan Cilograng Festival 2022, yang di buka langsung oleh Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya. Puskesmas Rawat Inap Cilograng dan Balai Penyuluh KB Kecamatan Cilograng mengadakan Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Adapun jenis pelayanan KB yang diberikan adalah pil, kondom, suntik, IUD, dan implan, Kamis (17/11/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan KB pasca persalinan sebagai salah satu upaya percepatan penurunan Stunting di Provinsi Banten, sesuai Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Puskesmas Rawat Inap dan PLKB Kecamatan Cilograng Mengadakan Pelayanan KB Gratis
Kegiatan Plkb Puskesmas Rawat Inap Cilograng Diacara Festival Cilograng

Dikatakan oleh Supriyatno, S.Pd koordinator PLKB Kecamatan Cilograng, Unmet Need atau kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi, merupakan persentase perempuan kawin yang tidak ingin memiliki anak lagi atau ingin menjarangkan kelahiran tetapi tidak memakai kontrasepsi di Provinsi Banten masih tinggi dengan rata-rata Unmet Need 23,26 dan target 12,47, terangnya.

Artinya masih banyak masyarakat yang belum terpenuhi atau terlayani kebutuhan alat dan kontrasepsinya. Sedangkan di Kecamatan Cilograng terdapat 10 Desa, 1 Faskes dan 2 PMB, ini merupakan potensi bagi masyarakat menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), agar unmetneed di Provinsi Banten segera turun, pungkasnya.

Senada Endang Heryanto, SH di sela-sela pelayanan mengatakan, bahwa momentum Cilograng Festival 2022 ini tentunya menjadi kesempatan bagi kami untuk berinovasi fasilitasi pelayanan KKBPK salah satunya pelayanan KB di tingkat Kecamatan Cilograng secara gratis, karena acara Festival Cilograng ini rencananya menjadi agenda tahunan, imbuhnya.

Alhamdulillah meskipun acara di guyur hujan, tapi tidak mengurangi antusiasme masyarakat, ada beberapa orang yang kami layani di antaranya, Akseptor Iud 2 orang, Implan 19 orang, Suntik 10 orang, Pil 4 orang dan kondom 6 orang, pungkas Endang.(Riki/Hs)

Berita dengan Judul: Puskesmas Rawat Inap dan PLKB Kecamatan Cilograng Mengadakan Pelayanan KB Gratis pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : L4Banten

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x