x

Presiden Jokowi, ASEAN Mampu Wujudkan Pertumbuhan dan Perdamaian Dunia

waktu baca 2 menit
Rabu, 10 Mei 2023 22:37 0 272 TAUFIK ARIFIN

Labuan Bajo – Menyikapi dinamika global yang semakin tidak bisa diprediksi seperti saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara ASEAN untuk tidak tinggal diam menghadapi tantangan global tersebut. Jokowi yakin bahwa ASEAN mampu menjadi pemain sentral untuk membawa pertumbuhan dan perdamaian dunia.

Hal ini dikatakan Presiden Jokowi saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5).

“Para pemimpin ASEAN yang saya hormati saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas semakin tajam, dinamika dunia semakin tidak terprediksi, dan yang menjadi pertanyaan apakah ASEAN hanya akan menjadi penonton, apakah ASEAN hanya akan diam, serta apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya persatuan negara ASEAN. Diyakini ASEAN mampu menjadi pemain sentral untuk membawa pertumbuhan dan perdamaian dunia. Aset kuat yang dimiliki ASEAN salah satunya pertumbuhan ekonomi yang di atas rata-rata dunia dan bonus demografi.

“Saya optimis kita semuanya percaya ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya persatuan, dengan persatuan ASEAN mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan. Aset kuat sebagai _epicentrum of growth,_ ekonomi yang tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi dan kestabilan kawasan yang terjaga,” ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi akan memimpin lima pertemuan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT. Lima pertemuan itu adalah KTT ke-42 ASEAN (Opening and Plenary Session), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x