x

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Beltim Kampanyekan Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan hidup.

waktu baca 2 menit
Sabtu, 15 Jul 2023 14:32 0 231 DANA

Liputan4.com, Belitung

Manggar – Disaat hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan manggar pada jumat (14/7/2023).

Diperingatan puncak,” Bupati Belitung Timur Burhanudin mengaku prihatin kurangnya kesadaran,” masih ada oknum masyarakat yang masih banyak membuang sampah sembarangan. Hal ini bisa dilihat perilaku oknum di tempat publik terutama di taman Kota Manggar tuturnya.

“Di Taman Kota itu, Malam Kamis, Malam Minggu Jum’at sore hari mereka melepas saja sampah itu di tempat mereka duduk, padahal tempat sampah dekat, jelasnya.

Dia mengatakan perilaku ini Menurutnya susah di hilangkan, Padahal Pemkab Beltim sudah terus mengkampanyekan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Bahkan kotak sampah sudah tersedia di setiap sudut tempat publik.

Ini kan dimulai dari kebiasaan kita. Janganlah sampah itu dibuang gitu saja, dibiarkan di tempat kita duduk seakan-akan ada yang akan memungutinya. Kasihan juga dengan petugas kebersihan,” kata Burhanudin.

Dia pun meminta kepada perusahaan dan juga jajaran di Pemkab Beltim untuk terus mengkampanyekan jaga kebersihan dan lingkungan. Dengan terus memasang spanduk himbauan di berbagai tempat di lingkungan perusahaan dan tempat-tempat publik.


Wakil Bupati Belitung timur Khairil Anwar juga menyampaikan senada dengan Bupati, bahwa Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan masih rendah.

“inilah yang harus kita perbaiki, sikap dan mental. Kiranya untuk masalah sampah ini kita harus lebih peduli,” kata Khairil seusai melakukan aksi Penanaman Pohon di Pantai Nyiur Melambai.

Untuk mendidik dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Beltim akan menerbitkan Buku Pintar yang berisi Rencana Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup. Buku ini merupakan ide Khairil saat masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup.

“Kita sedang membuat K.L.S-nya. “Insyallah tahun depan akan kita terbitkan,” kata Khairil.

Dengan adanya buku ini arah pembangunan lingkungan hidup di Kabupaten Beltim akan lebih terarah. Termasuk juga dalam tata kelola persampahan dan perilaku masyarakat terhadap sampah. tutupnya.

Sumber: diskmfo.

(Iwan Setiawan)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x