x

Pemprov Kalsel Bangun Masjid Raya Megah Syekh M.Arsyad Al-Banjari

waktu baca 2 menit
Jumat, 9 Des 2022 17:45 0 407 Redaksi

BANJARBARU – LIPUTAN 4.COM. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membangun masjid megah yang diberi nama Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, yang merupakan salah satu tokoh ulama terkemuka di Kalsel pada 1710–1812.

Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor dan didampingi para ulama secara resmi meresmikan atas dibangunnya masjid yang bertempat di wilayah perkantoran Sekdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru tersebut, Rabu (7/12/22).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Prov.Kalsel H.Ahmad Solhan, luas lahan untuk pembangunan masjid tersebut sekitar 11 hektare.

”Tahap pertama pembangunan pada 2022, dilanjutkan pada 2023-2024 selesai,” ujar H.Ahmad Solhan.

Menurut dia, pembangunan masjid dengan luas bangunan 4.000 meter persegi, berdaya tampung 3.000 jamaah. Biaya dianggarkan sebesar Rp 121 miliar.

”Pada 2023 sebesar Rp 80 miliar, tahun berikutnya Rp 41 miliar,” ujar H.Ahmad Solhan.

Lanjut Solhan, mesjid ini dibangun berbentuk limas dengan sistem sirkulasi dan pencahayaan secara terbuka, dan untuk Penamaan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari adalah salah satu bentuk penghormatan kepada ulama besar asal Kalsel yang lahir di Lok Gabang, Martapura, Kabupaten Banjar, pada 17 Maret 1710 dan meninggal di Dalam Pagar, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel pada 3 Oktober 1812. Syekh Arsyad Al-Banjari juga diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor juga berharap masjid yang dibangun itu dapat memberikan manfaat yang banyak bagi pemberdayaan umat. Artinya, tidak hanya menjadi tempat ibadah yang nyaman saja, akan tetapi masjid raya itu juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan dakwah, pendidikan, sosial ekonomi, serta pemberdayaan masyarakat,” harapnya.

”Alhamdulillah, pembangunan masjid yang begitu dirindukan dan didambakan, pembangunannya dapat kita wujudkan mulai hari ini rabu (7/12/22),” pungkas H Sahbirin Noor.(Liputan 4.Com).

Berita dengan judul: Pemprov Kalsel Bangun Masjid Raya Megah Syekh M.Arsyad Al-Banjari pertama kali tampil pada Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. Reporter : Irwan Saputra

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x