x

Pelajari Teknologi Metaverse Dalam Pelayanan Publik, Peserta PKN Kunjungi Pemko Medan

waktu baca 3 menit
Selasa, 13 Jun 2023 16:11 0 235 JONI BARUS

Medan, Liputan 4.com-
Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan rombongan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan X Tahun 2023 yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Selasa (13/6) di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari kebijakan, gagasan, strategi dan inovasi Pemko Medan terkait pemanfaatan teknologi metaverse dalam pelayanan publik.

Bobby Nasution diwakili Asisten Administrasi Umum Setdako Medan Ferry Ichsan didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sutan Tolang Lubis, Kadis Kominfo Arrahmaan Pane, dan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Baginda P. Siregar, mengungkapkan, suatu kehormatan Pemko Medan dipilih menjadi Lokus VKN Tingkat II Angkatan X Tahun 2023.

“Kami berharap para peserta dapat memperoleh informasi dan pemahaman sebanyak mungkin untuk dapat diterapkan atau menjadi masukan dalam menentukan kebijakan di daerah masing-masing,” sebut Ferry di hadapan peserta VKN PKN Tingkat II Angkatan X yang dipimpin oleh Ahli Utama LAN RI, Purwastuti ini.

Dalam kegiatan visitasi PKN yang bertemakan Strategi Pemanfaatan Teknologi Rekayasa dan Metaverse Dalam Pelayanan Publik, Ferry mengungkapkan melalui Perwal No. 28 Tahun 2018 tentang Smart City, Kota Medan sudah mengadopsi smart city sebagai upaya menerapkan perkembangan teknologi.

“Pada akhirnya seluruh kegiatan yang ada di lingkungan Pemko Medan akan terintegrasi menjadi satu tujuan. Hal ini juga memberikan transparansi setiap program kerja yang dilakukan Pemko Medan kepada masyarakat,” sebutnya.

Digitalisasi dalam sistem Pemko Medan, lanjutnya, dapat dilihat melalui penerapan e-parking. Sampai November 2022, Kota Medan sudah memiliki 152 titik e-parking.

“Inovasi ini untuk memberikan pelayanan publik yang optimal sekaligus mencegah terjadinya kebocoran PAD dari retribusi parkir,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, untuk mengatasi peningkatan pengangguran Pemko Medan menghadirkan aplikasi Sistem Informasi Terpadu Ketenagakerjaan (Siduta) melalui kerja sama yang dibangun dengan berbagai perusahaan dan instansi. Siduta menjadi sarana bagi masyarakat mencari dan melamar pekerjaan.

“Barangkali e parking dan Siduta ini dari menjadi contoh dari berbagai layanan publik yang terintegrasi dengan teknolog,” kata Ferry.

Sebelumnya, pimpinan rombongan VKN PKN Tingkat II Angkatan X, Purwastuti mengungkapkan terima kasih atas sambutan ramah Pemko Medan. Setelah memandu perkenalan seluruh peserta VKN, dia menyebutkan sub tema kelompok yang dipimpinnya ini adalah Strategi Pemanfaatan Teknologi Rekayasa dan Metaverse Dalam Pelayanan Publik.

Purwastuti mengemukakan beberapa alasan menjadikan Medan sebagai lokus VKN, di antaranya peserta ingin mengetahui kondisi nyata, permasalahan dan tantangan dalam pelayanan publik di Medan dan bagaimana kebijakan, gagasan, strategi dan inovasi Pemko Medan terkait pemanfaatan teknologi metaverse dalam pelayanan publik.

Setelah pertemuan itu, para peserta VKN pun melanjutkan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Medan.(JB)

DIRGAHAYU RI
Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Internet Sakti Telkomsel
LAINNYA
x
x