x

Paripurna DPRD Peringati HUT Lampung Selatan ke-67 Bupati Beberkan Capean Selama Satu tahun

waktu baca 3 menit
Rabu, 15 Nov 2023 07:14 0 370 SRI WIDODO

Liputan4.com, Lampung Selatan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023, Selasa (14/11/2023).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi didampingi oleh Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto dan Wakil Ketua III Amelia Nanda Sari.

Hadir mewakili Gubernur Lampung, Staf ahli gubernur Plt Staf Ahli Gubernur bidang pemerintahan dan Politik Ganjar Jationo, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekdakab Thamrin beserta jajaran Kepala Daerah dan tokoh adat Saibatin lima marga.

Hadir juga, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Selatan Yani Thamrin serta para tamu undangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan uraian singkat, mengenai sejarah terbentuknya Kabupaten Lampung Selatan, oleh Ketua DPRD Lampung Selatan, Hendry Rosyadi.

Dalam sambutannya dirinya mengajak di HUT ke-67 ini, untuk dijadikan sebagai momentum untuk menengok masa lalu, yang mana merupakan sebuah mata rantai sejarah, yang sangat bernilai sebagai referensi masa kini dan masa depan ke arah yang lebih baik dan berdaya saing.

“Terbentuknya kabupaten Lampung Selatan secara jelas dan gamblang termasuk pemekaran kabupaten Lampung Selatan mulai dari kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran,” Kata Hendry

Sementara itu dalam pidatonya Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, mengatakan, pemerintah Kabupaten Lampung Selatan secara objektif selama perjalanan waktu 1 tahun, telah mencapai beberapa keberhasilan, terutama keberhasilan dalam meningkatkan pendapatan dari sektor pajak, dari sektor UMKM, dan sektor kesehatan.

“Lampung Selatan telah berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC), yaitu sistem penjaminan kesehatan untuk semua orang, dimana sebanyak 1.023.968 jiwa.
Artinya 100% Penduduk Lampung Selatan telah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan merupakan Kabupaten pertama di Provinsi Lampung pada Tahun 2022 yang telah mencapai UHC,” Kata Nanang dalam sambutannya

Atas keberhasilan tersebut Lampung Selatan memperoleh penghargaan UHC Award, yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada UHC Award 2023.

Bukan itu saja, dalam penurunan stunting selama 9 tahun mengalami penurunan yang signifikan, sejak tahun 2013 berada di angka 43 % turun sebesar 31,3% di tahun 2022 menjadi 9,90% dan ditargetkan di tahun 2024 Lampung Selatan bisa mencapai 0% stunting dengan memaksimalkan Gerakan Swasembada Gizi.

“Atas capaian tersebut Kabupaten Lampung Selatan ditetapkan menjadi Kabupaten paling inovatif se-Provinsi Lampung, dan menjadi yang terbaik ke-II dalam aksi konvergensi Percepatan Penurun Stunting Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, serta masuk 3 Besar Nasional dalam keberhasilan penurunan stunting ,” kata Nanang.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, banyaknya capaian dari berbagai sektor, sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, karena program pembangunan selama ini telah menyentuh dan mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Maka dari itu, atas keberhasilan capean tersebut, diperlukan kesamaan persepsi serta komitmen dari seluruh pemangku kepentingan, karena Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut jika tidak mendapatkan dukungan dari semua pihak,
Untuk itu, dalam peringatan HUT yang ke-67 tahun 2023, tema yang di usung Mewujudkan Ekonomi Kedaulatan Rakyat Dengan Semangat Gotong Royong.” Ucap Nanang

Bupati Konawe

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x