x

Parah!! Tiga Titik Pekerjaan Fisik Proyek Anggaran Dana Desa Tahun 2023 Desa Lau Sireme Hancur

waktu baca 2 menit
Senin, 22 Jan 2024 18:54 0 278 ERIKSON SIRAIT

Dairi-Liputan 4.Com:Tiga titik pekerjaan fisik Dana Desa Lau Sireme,Kacamatan Tigalingga,Kabupaten Dairi yang menggunakan anggaran dana Desa Th-2023 baru beberapa bulan dikerjakan sudah hancur.

Adanya informasi yang didapatkan dari masyarakat,”Proyek Dana Desa Th-2024 yang bersumber dari anggaran dana desa Lau Sireme menjadi sorotan Media dan LSM”.

Kepala Desa (Kades) Lau Sireme Dalam P Berutu,Senin(22/01/2023) saat dikonfirmasi Media ini dikantor Desa Lau Sireme,menjelaskan.Bahwa untuk kegiatan Fisik Th-2023 di Dusun Kampung Jawa Atas ada tiga titik pekerjaan,seperti pengaspalan jalan menuju yruk biru sepanjang 251M x 3M dengan Biaya Rp.250.568.000, Rehabilitasi parit semen dengan panjang 30 Meter dengan Biaya Rp.23.924.000,parit semen 160 Meter ditambah tembok penahan tanah (TPT)14 meter Rp.154.362.000.

ROKOK ILEGAL

Anehnya, ketika media dan Lsm mengajak kelapangan untuk melihat 3 pekerjaan fisik Th-2023 yang telah dilaksanakan Dalam P Berutu mengelak dengan berbagai alasan sehingga menimbulkan kecurigaan adanya ketidak beresan dilapangan.

Saya siap mendampingi untuk melihat pekerjaan tersebut,tapi jangan diberitakan dulu ya pak !! karena pekerjaan tersebut belum di periksa oleh inspektorat,biarpun pekerjaan sudah selesai dikerjakan 100 persen,”Ucap Kades Kepada Media ini.

Diarea lokasi pelaksanaan pekerjaan
fisik,terlihat dari amatan media ini bahwa ke tiga pekerjaan fisik sudah  hancur,diduga kuat pekerjaan tidak sesuai spesifikasi pekerjaaan sehingga hasil kualitas pekerjaan buruk.

Terlihat dari pengaspalan yang baru dikerjakan sudah terkelupas dan berlobang sepanjang pekerjaan,parit semen sudah retak,serta parit sudah tertimbun tanah dan begitu juga dengan pekerjaan TPT,kondisi tembok tidak di plester dengan semen, pada bagian fondasi itu juga tampak penggunaan tembok campuran pasir dan semen asal nempel,lapisan semen relatif tipis.

Edy Manalu LSM Penjara Perubahan Nasional (PN) yang saat mendampingi Wartawan kelokasi pekerjaan fisik Desa Lau Sireme, menyebutkan bahwa pekerjaan fisik Dana Desa Lau Sireme diduga tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB),mutu dan kualitasnya diragukan sehingga pekerjaan fisik diduga asal jadi sehingga tidak akan bertahan lama.

Terlihat dari kerusakan yang sangat parah ditiap-tiap pekerjaan,karena pekerjaan baru beberapa bulan dikerjakan sudah mengalami kerusakan.

Lanjut Edy Manalu juga menyebutkan kapada wartawan Media Liputan 4.Com bahwa dia menduga kuat dugaan adanya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pengerjaan fisik Dana Desa TH-2023 Desa Lau Sireme,dia juga berjanji akan menyurati dinas Inspektorat Dairi dan Aparat Penegak hukum terkait pekerjaan fisik Dana Desa Lau Sireme.”Ucapnya

(Tim/Rait)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x