Panitia HUT Kemri Ke-77 Kabupaten Nias Libatkan Pengusaha UMKM

Panitia Hut Kemri Ke-77 Kabupaten Nias Libatkan Pengusaha Umkm

LIPUTAN4.COM / Nias / – Panitia HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (Kemri) ke – 77 Tahun 2022 Kabupaten Nias melibatkan beberapa UMKM untuk menyediakan jajanan secara gratis kepada masyarakat. 17/08/2022

Sekretaris Panitia Hut Kemri ke-77 Aralia Harefa menjelaskan kegiatan penyediaan jajanan ini merupakan pengganti acara ramah tamah yang biasa dilakukan usai penurunan bendera.


Sebelumnya pantia telah melakukan pendataan beberapa UMKM di Kabupaten Nias dan mereka Pelaku UMKM yang bersedia diberi tempat disekitar lapangan upacara untuk berjualan dengan modal dibantu oleh panitia sehingga setiap pengunjung yang berkenan dapat memanfaatkan jajanan secara gratis.

Panitia akan memberi Kupon kepada masyarakat yang datang dilapangan beringin Hiliweto Gido, kemudian kupon tersebut dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman yang tersedia di UMKM sekitar lapangan Beringin Hiliweto Gido.

Lanjut nya kegiatan untuk melibatkan UMKM ini adalah petunjuk langsung dari bapak Bupati Nias” Sambung Aralia Harefa

Salah seorang Pelaku UMKM, Meriana Zendrato dari Desa Wea-wea Kecamatan Sogae’adu mengatakan sebelumnya kami sudah mengikuti pelatihan

“Iya pak, saya berjualan disini karena telah dihubungi oleh panitia Hut Kemri ke – 77 RI, tetapi sebelumnya kami sudah didata dan telah mengikuti pelatihan Ibu Rumah Tangga (IRT), sehingga jualan atau produk ini adalah murni buatan kami sendiri, saya berterima kasih kepada Pak Bupati Nias Ya’atulo Gulo dimana telah memperhatikan kami sebagai pelaku usaha UMKM di Kabupaten Nias ini.” Ucap nya.

Sementara Wakil ketua DPRD Nias Sabayuti Gulo mengatakan kita memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Nias melalui Pantia Penyelenggara Peringatan HUT KEMRI Tahun 2022, dengan melibatkan UMKM pada kegiatan ini dapat dipandang bahwa Bupati dan Wakil Bupati Nias sedang fokus menunjukan keberpihakan untuk memajukan UMKM di Kabupaten Nias, tandas Politisi partai moncong putih itu, kepada awak media.

Yun Zeb