x

Optimis Juara Desa Bumidaya Bakal Jadi Yang Terbaik Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung 2023

waktu baca 2 menit
Selasa, 27 Jun 2023 08:54 0 543 SRI WIDODO

Liputan4.com, Palas, Lampung Selatan

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, optimis Desa Bumidaya akan menjadi yang terbaik dari peserta lomba desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2023, dan dapat juara pertama untuk mewakili provinsi pada lomba desa tingkat Nasional.

Hal tersebut di sampaikan Nanang Ermanto, saat memberikan sambutan di hadapan tim penilai dari provinsi Lampung, Senin, (26/06/2023).

“Tahun 2023, saya optimis lampung selatan akan menjadi yang terbaik dari peserta lomba desa tingkat Provinsi Lampung dan dapat juara pertama untuk mewakili tingkat Nasional provinsi Lampung,” tutur dia

Dirinya juga menilai, Desa Bumidaya sarat dengan prestasi, baik lokal, provinsi maupun nasional. Prestasi terakhir adalah mendapat Juara I Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan.

“Sebagai wakil Kabupaten Lampung Selatan, desa Bumidaya pantas ketingkat nasional untuk mewakili provinsi Lampung. Keberhasilan tersebut dapat dilihat pada Tingkat Perkembangan Pendidikan Masyarakat, Kesehatan dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Keamanan dan Ketertiban, Masyarakat,” kata dia

Bukan hanya itu Desa Bumidaya, Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Kewilayahan serta kemasyarakatan, juga aktivitas Lembaga Kemasyarakatan serta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sangatlah baik.

Sementara itu Kepala Kadis PMD Provinsi Lampung, Dr. Zaidirina S.E.,M.Si mewakili Gubernur Lampung Djunaidi Arinal, membawa 11 orang dari tim penilai dari Provinsi Lampung.

“Ada 19 aspek yang menjadi indikator tim penilai, ada 11 orang yang akan berkeliling terutama tiga bidang, pemerintahan desa, bidang kewilayahan desa dan bidang kemasyarakatan desa,” tutur dia, saat memberikan sambutan mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Lebih lanjut Kadis PMD dan Transmigrasi provinsi Lampung itu menjelaskan lomba desa tingkat provinsi ini, sebagai salah satu media untuk melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi desa dan kelurahan.

 

 

 

Jadi menurut dirinya, menjadi tantangan tersendiri bagi desa dan kelurahan di provinsi Lampumg, untuk dapat meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu
diperlukan sebuah tata kelola pemerintahan desa yang baik.

“Seluruh proses kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa pada akhirnya akan bermuara ke Gubernur dan Bupati. Oleh sebab itu dituntut kepiawaian Kepala Desa untuk dapat memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh potensi yang tersedia agar dapat mendukung suksesnya proses pembangunan di desa.” tutup dia

(Sriwi)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x