x

Mulai Hari ini Polres Aceh Timur Gelar Operasi Patuh Seulawah, Ini 8 Sasaran Pelanggaran yang Diprioritaskan

waktu baca 2 menit
Senin, 10 Jul 2023 12:04 0 181 ABDI SUMARNO

 

Aceh Timur, Liputan4.com – Kepolisian Resor Aceh Timur mulai hari ini, Senin, (10/07/2023) akan menggelar Operasi Patuh Seulawah 2023. Pelaksanaan operasi dalam bentuk harkamtibmas bidang lalu lintas yang didukung instansi terkait dan akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 10 – 23 Juli 2023.
Sebelum dimulainya pelaksanaan operasi, diawali dengan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. yang berlangsung di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Aceh Timur.
Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K. usai mengikuti apel gelar pasukan menyebutkan, operasi ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan kalender kamtibmas.
“Keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan tingkat kepatuhan masyarakat Aceh Timur pada umumnya terhadap hukum dan perundang undangan lalu lintas sangat memprihatinkan. Hal tersebut merupakan permasalahan yang kompleks dan tidak dapat ditangani oleh Polri sendiri, akan tetapi diperlukan adanya sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan menentukan solusi penyelesaiannya secara menyeluruh.” Ungkap Kapolres.

Ada delapan prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas pada Operasi Patuh Seulawah 2023 ini, diantaranya; Tidak menggunakan helm SNI; Tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi pengguna roda empat.
“Kemudian bermain HP saat berkendara, pengendara atau pengemudi dibawah umur, berboncengan lebih dari dua orang, mabuk saat berkendara, melawan arus dan melebihi batas kecepatan,” sebut Kapolres.
Pihaknya berharap masyarakat patuh, menjaga sopan santun dan penuh etika ketika berkendara, membawa surat-surat dan kelayakan kendaraan.
“Pada prinsipnya operasi ini menitikberatkan kegiatan edukatif dan persuasif.Meskipun ada penegakan hukum, ini dilakukan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas. Karena dengan disiplin, maka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas dapat ditekan.” Terang Jelas Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K.
Sementara itu Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur siap mendukung Operasi Patuh Seulawah 2023 yang akan dilaksanakan Polres Aceh Timur guna meminimalisir pelanggaran maupun kecelakaan.
“Seperti amanat Bapak Kapolda yang saya bacakan tadi, bahwa operasi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas khususnya di Kabupaten Aceh Timur dan Propinsi Aceh pada umumnya.” Tegas Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. (Abdi)

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x