x

Menjelang Pemilu 2024, Mabes TNI Adakan Simulasi Penanganan Konflik Sosial di Kantor Bupati Mempawah

waktu baca 2 menit
Senin, 16 Okt 2023 19:07 0 227 Nugroho Tyo

MEMPAWAH – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 dilaksanakan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) yang dilaksanakan Mabes TNI di wilayah Kodam XII/TPR, latihan gabungan Simulasi Penanganan Konflik Sosial, di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Senin 16/10/2023.

Dihadiri Tim penyelenggara yakni Dirjianbang Kodiklat TNI Brigjen TNI Taruna Jaya bersama para Tim Penyelenggara dari Mabes TNI, Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, Bupati Mempawah Erlina, Dandim 1201/Mph Letkol Inf Daru Cahyo Alam, Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono, Jajaran Forkopimda Kabupaten Mempawah dan OPD Pemkab Mempawah.

Adapun Personel yang terlibat dalam latihan gabungan ialah, Personel Makodam XII/Tpr, Kodim 1201/Mph, Yonif Mekanis 643/Wns, Yonzipur 6/SD, Yonkav 12/BC, Pomdam XII/Tpr, Hubdam XII/Tpr, Kesdam XII/Tpr, Paldam XII/Tpr, Pendam XII/Tpr, Deninteldam XII/Tpr, Bekangdam XII/Tpr, Personel Infolahtadam XII/Tpr, Zidam XII/Tpr, Topdam XII/Tpr, Kowad Jajaran Kodam XII/Tpr, Kikav 12/BC, Polri (Brimob dan Polres Mempawah), Pol PP Kabupaten Mempawah, dan BPBD Kabupaten Mempawah.

Dalam latihan tersebut turut dikerahkan kendaraan taktis yakni, kendaraan Tempur Anoa Yonmek 643/Wns dua unit, Water Cannon Polres Mempawah satu unit, kendaraan Damkar BPBD Kabupaten Mempawah satu unit, dan kendaraan Ambulance Kesdam XII/Tpr dua unit.

Setelah dilaksanakan latihan di halaman Kantor Bupati Mempawah, acara pun ditutup dan dipimpin langsung oleh Dirjianbang Kodiklat TNI Brigjen TNI Taruna Jaya di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.

 

Dalam amanatnya, Dirjianbang Kodiklat TNI Brigjen TNI Taruna Jaya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 12 Oktober 2023 hingga 16 Oktober 2023 yakni kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Kodam XII/Tpr berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Setelah dengan selesainya latihan kesiapsiagaan tahun 2023 ini bukan berarti selesai juga tugas kita, namun adalah merupakan awal langkah dalam menyiapkan membuat baik secara teknik dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang sangat penting terjadi di masyarakat,” jelas Brigjen TNI Taruna Jaya.

Selanjutnya Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P mengungkapkan “Kegiatan latihan ini kolaborasi antara TNI-POLRI dan Pemerintah Daerah maupun semua komponen yang ada di wilayah untuk sama-sama bekerjasama membantu menyelesaikan segala permasalahan yang di hadapi oleh wilayah tersebut” ungkapnya.

Selanjutnya Bupati Mempawah, Hj Erlina SH.MH dalam penyampaiannya “Semoga dengan adanya latihan simulasi ini kolaborasi dapat terwujud dan permasalahan-permasalahan yang memang kita persiapkan yang akan terjadi itu mudah-mudahan tidak terjadi, tapi kita dari awal sudah punya perencanaan strategi untuk bersama-sama mencegah jangan sampai konflik itu terjadi” ungkapnya.

 

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x