x

Mendesak!!! SDN 02 Cibodas Lembang Butuhkan Sarana Prasarana Pendidikan Memadai

waktu baca 3 menit
Senin, 15 Mei 2023 15:01Pendidikan 0 215 KUSWANDI

LIPUTAN4.COM, BANDUNG BARAT – Banyak sekolah yang saat ini masih minim sarana prasarana, padahal sarana prasarana yang layak akan sangat menunjang mutu dan kualitas pendidikan di suatu sekolah.

Berbagai persoalan, mulai dari kekurangan rombel, ruang perpustakaan, mushola, sampai kebutuhan sarana IT yang masih jauh dari kata layak, serta bebagai kebutuhan sarana prasarana lainnya yang sudah sangat penting dan mendesak.

Seperti yang terjadi di SDN 02 Cibodas, yang terletak di Kp. Sukamaju RT. 04 RW. 14, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Ket : Bangunan SDN 02 Cibodas Lembang tampak depan, Senin (15/05).

Hasil pantauan awak media liputan4.com di lapangan, SDN 02 Cibodas saat ini sangat membutuhkan berbagai sarana prasarana untuk menunjang kualitas pendidikan murid di sekolah, diantaranya musholla, ruang kelas, dan kebutuhan IT.

Kondisi ini pun dikeluhkan Kusyanto Setia Darma, S. Pd Kepala Sekolah SDN 02 Cibodas, yang di sampaikan kepada awak media Liputan4.com. ” Untuk menunjang kualitas pembelajaran di sekolah, saat ini SDN 02 Cibodas sangat membutuhkan berbagai sarana dan prasarana, diantaranya musholla, ruang kelas, dan kebutuhan IT, ” ucapnya, pada Senin (15/05/2023).

Menurutnya, ruang kelas sangat mendesak dibutuhkan, karena saat ini jumlah murid di SDN 02 Cibodas sebanyak 412 orang, dimana rombel yang ada hanya 9 sedangkan kebutuhannya sekitar 12 rombel, ini jelas kami kekurangan 3 rombel lagi.

” Fasilitas sekolah sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu kami membutuhkan ruang kelas baru dan juga perpustakaan yang layak. Sehingga kami harus berusaha menyiasatinya dengan membagi waktu belajar siswa, jadi diatur ada yang masuk pagi dan siang, dan ini berdampak¬† pada kebutuhan operasional yang membengkak, ” jelasnya.

Selain itu, kata Kepala Sekolah, kami juga membutuhkan musholla sebagai sarana pendidikan karakter para siswa dan untuk membiasakan siswa menjalankan kegiatan ibadah. Karena sampai saat ini di SDN 02 Cibodas belum memiliki musholla.

Masih kata Kepala Sekolah, yang juga tidak kalah penting, kami sangat membutuhkan juga sarana IT, untuk menunjang semua proses pembelajaran siswa, terutama menghadapi ujian akhir.

Kepala sekolah menambahkan, saat ini fasilitas perpustakaan pun masih sangat terbatas, karena ruangannya harus berbagi dengan ruang UKS, yang sengaja kami split.

” Padahal peran perpustakaan juga sangat penting, karena siswa membutuhkan bahan-bahan referensi untuk menunjang kegiatan belajarnya, ” tandasnya.

Oleh karena itu, ungkap Kepala Sekolah, saya berharap agar Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Dinas Pendidikan bisa memperhatikan kondisi sekolah kami dan mengucurkan bantuannya agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan nyaman.

” SDN 02 Cibodas saat ini, sangat membutuhkan tambahan fasilitas ruang kelas, musholla, dan sarana IT. Dan itu semua betul-betul kami perlukan saat ini, untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas, ” pungkasnya.

Penulis : kuswandi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SD NEGERI CITARIK
SD NEGERI CICALENGKA 10
LAINNYA
x
x