x

Kisah Pilu TKW Asal Aceh, Yang Sempat Terlatar Di Arab Saudi, Sampai Dapat Bantuan Akhyar Kamil

waktu baca 3 menit
Selasa, 22 Agu 2023 21:39 0 413 SAIF

Liputan4.com | Aceh Timur – Beragam kehidupan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri, termasuk di Arab Saudi. Ada yang naas karena nasibnya terlantar, ditangkap atau menerima perlakuan tidak senonoh atau menjadi korban kekerasan sang majikan. Tapi ada juga sejumlah warga negara Indonesia yang menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) justru meminta ditangkap aparat keamanan agar bisa dipulangkan ke tanah air.

Rita Zahara (26) wanita asal Desa Cot Keh Peureulak Aceh Timur.

Pasalnya, setelah terkatung-katung beberapa Minggu di Arab Saudi akhirnya TKW tersebut bisa berkumpul kembali bersama keluarganya di Aceh. Hal itu berkat dukungan dan bantuan dari Ketum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) Akhyar Kamil.

Diketahui, Rita Zahara melarikan diri dari majikannya di Arab Saudi saat bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) sejak Maret 2023 lalu. Sebab, saat bekerja di tempat itu, dia mendapat perlakuan tidak menyenangkan selama 4 bulan.

Pasca melarikan diri, Rita Zahara sempat kebingungan disertai rasa takut, karena bekerja ke Arab Saudi tidak memiliki dokumen resmi, hal itu berdasarkan cerita rekannya bahwa perusahaan yang membawanya ke Arab Saudi adalah perusahaan ilegal.

Kepada media ini Selasa (22/08) saat ditemui di rumahnya menceritakan nasib buruk yang di alaminya, bahwa setelah melarikan diri dari rumah majikan, ia meminta bantuan ke berbagai pihak untuk dapat membantu memulangkannya ke Aceh. Namun ibu dari 3 anak tersebut pada saat itu belum ada yang mau membantu, bahkan ada yang meminta uang 50 persen untuk proses pemulangannya ke Aceh.

“Saya tidak ada uang sama sekali, bagaimana bisa saya bayar yang mereka pinta,” ungkapnya, mengenang peristiwa pahit selama di Arab Saudi.

“Saya yakin allah akan kirim orang yang mau membantu saya, sampai akhirnya saya menghubungi H. Akhyar Kamil. yang kebetulan beliau sedang berada di Arab Saudi dalam rangka menunaikan ibadah haji,” urai zahra.

“Berkat bantuan Pak Akhyar Kamil yang merupakan Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) saya telah tiba di rumah orang tua saya diantarkan oleh Relawan Persaudaraan Aceh Seranto Kabupaten Aceh Timur,” sebut zahra.

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan kepada saya oleh Ketum PAS dan jajarannya, saya sangat bahagia telah tiba di Aceh dengan selamat, dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya,” ujar Rita dengan suara terbata-bata, menambahkan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Tgk Nurdin Pimpinan Dayah Nurul Ulum, mewakili keluarga atas bantuan dan dukungan dari PAS.

“Kami tidak sanggup membalas atas bantuan yang sudah diberikan kepada kami, Allah lah yang akan membalasnya, semoga niat baik Akhyar Kamil dan teman-teman relawan PAS di Aceh Timur dibalas oleh Allah SWT,” harapnya.

Ketua Umum PAS Akhyar Kamil, saat dihubungi media ini di Jakarta Selasa (22/08) membenarkan bahwa pihaknya ikut membantu memfasilitasi pemulangan Rita Zahara dari Arab Saudi.

“Saat itu Rita Zahara menghubungi saya via telepon, menceritakan persoalan yang dihadapi tempat ia bekerja di Arab Saudi,” ujar Akhyar Kamil, singkat.

Reporter : Saif Aceh

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x