x

Karnita Ratu Sarungu, Masuk Grand Final Pemilihan Duta Kampus Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

waktu baca 3 menit
Sabtu, 10 Jun 2023 18:17 0 371 YULI LUTRA

Liputan4.com, Luwu Utara — Mahasiswi Universitas Cokroaminoto Kota Palopo (UNCP) asal Kabupaten Luwu Utara, Karnita Ratu Sarungu, sukses masuk Grand Final Pemilihan Duta Kampus Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kepastian tersebut diungkap Karnita usai melewati seleksi tahapan kedua selama tiga hari di Makassar belum lama ini.

“Puji Tuhan, saya bisa melanjutkan perjuangan ke grand final Pemilihan Duta Kampus Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2023,” ucap Karnita, Jumat 9/6/2023), di Masamba. Selama tiga hari mengikuti seleksi tahap kedua di Makassar, mahasiswi yang akrab disapa Ratu ini mengatakan bahwa tak mudah masuk ke babak grand final.

Ia harus melewati beberapa proses penilaian yang begitu ketat selama tiga hari. Hari pertama, kata dia, adalah perkenalan. Di mana semua peserta wajib memperkenalkan diri di hadapan juri dan menceritakan pengalaman masing-masing. “Hari pertama, kami disuruh memperkenalkan diri dan pernah menjuarai apa selama ini,” tutur Ratu.

Ia mengungkapkan, pemilihan duta kampus tahun ini sangat kompetitif. Mengingat peserta yang masuk finalis sebagian memiliki pengalaman sebagai Putra dan Putri Pariwisata Sulsel. “Semua finalis ternyata pengalamannya hebat-hebat dan juga sudah ada yang dinobatkan sebagai Putra dan Putri Pariwisata Sulsel,” ungkapnya.

Masih Ratu, hari kedua seleksi tahap kedua, peserta mesti melewati tes wawancara dan tes tertulis untuk bisa masuk ke grand final. “Hari kedua test wawancara dan tertulis. Saat test tertulis ternyata soalnya hampir sama dengan test CPNS. Ada matematika, analogi, test wawasan kebangsaan dan umum, ada juga English essay,” ungkapnya.

Mahasiswi kelahiran Salulemo Kecamatan Baebunta Selatan Kabupaten Luwu Utara, 8 Mei 2002, ini juga menceritakan pengalamannya ketika mengikuti tes wawancara, baik wawancara psikologi maupun wawancara bahasa Inggris. Di mana pada tes wawancara itu, juri atau orang yang mewawancarai peserta adalah bukan orang sembarang.

“Saya bertemu orang-orang yang hebat pada tes wawancara psikologi, yaitu seorang advokat milineal dari Jakarta. Begitu juga saat wawancara bahasa Inggris, kami diwawancarai oleh Putri Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Favorit Tahun 2023 yang datang dari Jakarta,” jelasnya. Sementara hari ketiga, Ratu dan peserta lainnya wajib unjuk kemampuan.

“Hari ketiga adalah unjuk bakat. Puji Tuhan, unjuk bakat yang saya lakukan mendapat komentar yang sangat baik dan bagus dari seluruh juri. Tentunya juga saya sangat bangga dengan diri saya karena bakat-bakat yang dimiliki seluruh finalis juga sangat menakjubkan, dan sekali lagi, Puji Tuhan, saya bisa lanjut ke babak Grandfinal,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Karantina Finalis Duta Kampus Sulawesi Selatan akan dilaksanakan  pada medio bulan Juni 2023. Para finalis juga akan mengikuti kegiatan Gala Dinner pada 2 Juli 2023. Sementara untuk pembekalan finalis, akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 3 – 5 Juli 2023. Puncak Malam Grand Final akan dilaksanakan pada 8 Juli 2023.

Bupati Konawe

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x