x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Jalan Berdebu ! Warga Batang Taris Kompak Sirami Jalan

waktu baca 2 menit
Selasa, 16 Mei 2023 23:28 0 363 NISA

LIPUTAN4. COM. PADANG LAWAS (SUMUT)
PALAS-Warga Batang Taris Lingkungan VII Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) kompak sirami jalan akibat banyaknya debu yang bertebaran.

Salah satu warga Agus Salim Lubis warga Lingkungan VII Kelurahan Pasar Sibuhuan. Pagi, siang dan malam, Agus dibantu warga lainnya rutin sirami jalinsum yang selalu berdebu
“kata pria yang setiap hari bekerja di bengkel sepeda motor miliknya, Selasa (15/05/2023).

Kegiatan menyiram jalan ini, diakuinya muncul atas inisiatif pribadi.
Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat ataupun pengendara yang melintas di jalur tersebut.

” Nggak ada yang nyuruh, inisiatif pribadi aja. Alhamdulillah saat ini sudah ada lima titik penyiraman jalan di sekitaran Lingkungan VII ini. Tujuan kita bagaimana caranya jalan ini tetap basah agar tidak berdebu,” jelas Agus.

Agus menjelaskan, awalnya saya menyiram jalan menggunakan tangki air, namun makin kesini saya tidak sanggup karena biaya sekali menyiram mencapai Rp. 300 ribu. Saat ini kita menggunakan mesin pompa yang diambil dari sungai Batang Taris.

kepada Gubsu ataupun pihak-pihak terkait, kami berharap agar segera mengaspal jalan ini, pasalnya jalan yang berdebu sangat mengganggu aktifitas perekonomian warga di sekitar ruas jalinsum belum lagi penyakit pernafasan yang menghantui kita,” Harap Agus.

Sementara itu, Sapran Hasibuan warga Kecamatan Ulu Barumun sangat bersyukur warga Batang Taris rela berpanas-panasan demi menyiram jalan.

” Selain itu ” saya tiap hari melintasi jalan ini mengantar anak ke Sekolah di pasar Sibuhuan harus melalui jalan yang kupalan berdebu, kasihan anak-anak. Sudah rapi dari rumah sampai di sekolah seragamnya sudah lusuh karena berdebu, belum lagi gangguan pernapasan dan juga paru- paru dan yang mengancam mereka,” teranya,Sapran.

Dengan warga yang rela menyirami jalan ini setidaknya dapat mengurangi dampak polusi debu, “Alhamdulillah ,kita sebagai pengguna jalan sangat terbantu dengan niat tulus warga “ucap Sapran.

Diketahui, proyek Multi Years Contract (MYC) Provinsi Sumut di Kabupaten Padang Lawas sebesar Rp. 170 M untuk pembangunan 8 titik ruas Jalinsum sepanjang 30 km. Salah satunya ruas Jalinsum di Lingkungan VII Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun.

Mega proyek Provsu dilaksanakan oleh beberapa perusahaan PT Waskita Karya KSO, PT Sumber Mitra Jaya, dan PT Pijar Utama. Diketahui usai dilakukan penimbunan Base namun 7 bulan berlalu belum juga di hotmix, akibat kelalaian tersebut masyarakat sering mengeluh akibat debu bertebaran sehingga mengganggu aktifitas warga sekitar ataupun masyarakat yang melalui jalan tersebut.(Sbn)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x