“Field Trip” Siswa-Siswi SMPIT Al Bina Tomoni, Belajar Bersama Kominfo Lutim

Luwu Timur –Sebanyak Empat Puluh (40) Siswa (i) Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Bina Kecamatan Tomoni melakukan Field Trip atau kunjungan lapangan dalam rangka menambah pengetahuan di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Kabupaten Luwu Timur dengan tema “Belajar Bersama Kominfo”.

Rombongan Siswa (i) SMPIT Al Bina dipimpin langsung Wakil Kepala Sekolah, Roni Avianto didampingi beberapa Guru yang diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Kominfo-SP Lutim, Yulius didampingi Kabid IKP-Humas, Hayati, Kabid Aptika, Muhammad Safaat DP., Kabid Telematika, Arief Fadillah, dan Kabid Statistik, Haeruddin, di Ruang Media Center, Kamis (01/12/2022).


Kepala Dinas Kominfo-SP Lutim, melalui Sekretaris Dinas Yulius dalam sambutan penerimaannya mengapresiasi kedatangan siswa-siswi SMPIT Al Bina Tomoni sekaligus menyampaikan terima kasih karena menjadikan Dinas Kominfo tempat belajar terkait pengelolaan teknologi informasi dan Komunikasi yang dikemas dalam bentuk Field Trip bertema Belajar Bersama Kominfo.

“Tema yang dipilih SMPIT Al Bina “Belajar Bersama Kominfo”, sangat tepat dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, dimana Diskominfo Luwu Timur sebagai OPD yang memiliki tugas Pokok dan Fungsi dalam kegiatan penyebarluasan informasi, Pembangunan Aplikasi serta Telekomunikasi dan Data Statistik. Saya berharap dari hasil kunjungan ke Kominfo ada pengetahuan baru yang dibawa pulang kembali ke sekolah utamanya pengetahuan tentang tugas-tugas Dinas Kominfo Luwu Timur,” harap Sekdis Kominfo.

Selanjutnya, Sekdis Kominfo memperkenalkan satu per satu para Kepala Bidang yang ada di Dinas Kominfo-SP, sekaligus memberikan kesempatan untuk menjelaskan kepada para siswa-siswi terkait tupoksinya masing-masing di tiap bidang.

Wakil Kepala Sekolah, Roni Avianto mengucapkan terima kasih atas sambutannya yang dengan penuh kehangatan menerima rombongan siswa siswi SMPIT Al Bina Tomoni untuk melakukan Field Trip atau kunjungan lapangan di Dinas Kominfo-SP.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Secara umum, kata Roni Avianto, sekolahnya dinamakan Al Bina School karena menaungi 2 jenjang dan baru-baru ini juga sudah dibuka jenjang yang baru yakni TK.

“Jadi Al Bina School ini sudah ada TK, SD, dan SMP. Dan yang datang saat ini merupakan tingkat SMP nya. Al Bina School ini merupakan sekolah yang berbasis agama, dimana sekolah kita full day school, dimana dari pagi sampai sore belajar di sekolah,” ungkapnya.

Roni menjelaskan, kegiatan Field Trip ini merupakan agenda tahunan SMPIT Al Bina dari kelas tujuh sampai kelas sembilan. “Sebelumnya yang kelas VII sudah kami bawa ke Perpustakaan daerah, sementara kelas IX di Kantor DPRD Lutim. Nah, sekarang kelas VIII di Kantor Dinas Kominfo-SP. Dan semuanya sudah mendapat bagian belajar di luar,” jelasnya.

Kegiatan Field Trip dilanjutkan dengan sedikit pemaparan terkait susunan kelembagaan dan tugas-tugas Dinas Kominfo-SP Lutim dalam membantu Bupati Luwu Timur mewujudkan visi misinya.

Sementara Dalam sesi Tanya jawab, para siswa mencoba menggali informasi mengenai beberapa hal yang erat kaitannya dengan tugas Kominfo, terutama pemanfaatan internet yang sehat dan bertanggung jawab, upaya Kominfo dalam memberantas judi online serta bagaimana keberadaan Kominfo di era perkembangan teknologi saat ini.

Diakhir kegiatan Field Trip, dilakukan kunjungan bidang untuk melihat aktivitas pengelolaan IT mulai dari ruang PPID penyimpanaan server sampai  pembangunan aplikasi yang dilakukan oleh Tim IT Kominfo di bidang Aplikasi. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)