x
HARI KARTINI

DLH Dorong Masyarakat Pilah Sampah, Kendalikan Volume Sampah TPA

waktu baca 2 menit
Senin, 22 Agu 2022 17:45 0 247 Redaksi

Liputan4.com 22/08/2022
Kota Pekalongan –
Menjadi kunci utama keberhasilan dalam pengelolaan sampah, Pemerintah kota Pekalongan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, mendorong masyarakat untuk memaksimalkan pengelolaan sampah dari rumah dengan pilah sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Joko Purnomo melalui kepala bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, Adi Setiawan saat dikonfirmasi langsung belum lama ini mengatakan perlu adanya upaya gencar pengendalian sampah, “Sampah yang kita kelola masuk ke TPA Degayu sekitar 120 ton per hari, kalau tidak dikendalikan dari sumbernya kita akan kekurangan lahan,” terangnya.

Adi menjelaskan selama ini, sampah yang timbul di kota Pekalongan dan diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Degayu sebagian besar belum dikelola secara baik sehingga masih perlu ada operasional untuk mengangkut ke lokasi tersebut. Selain itu, menurutnya hal ini juga dipicu Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) beberapa kelurahan belum berjalan dengan maksimal.

Ia menambahkan, dari 4 zona yang ada di TPA Degayu, terdapat dua zona yang masih digunakan namun salah satunya belum bisa berjalan dengan baik disebabkan keterbatasan anggaran, sehingga saat ini terdapat 1 zona aktif yang digunakan DLH untuk menampung timbulan sampah.

“Masih ada satu zona yang bisa digunakan, ketinggian mencapai 20 meter, sehingga kita menggunakan armada untuk menaikkan sampah ke tempat yang lebih tinggi, jadi kalau salah satu armada ini rusak akan menghambat dan menjadikan darurat sampah,” pungkasnya.

Melihat keterbatasan lahan dan armada pendukung, pihaknya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya upaya kecil, pilah sampah yang bisa mulai dilakukan dari rumah mereka masing-masing.

Berita dengan Judul: DLH Dorong Masyarakat Pilah Sampah, Kendalikan Volume Sampah TPA pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : DIAN PERTIWI

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ULTAH PULAU TALIABU
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x