x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Diundang Direktorat Jenderal PSP Kadistan:Bahas Kebutuhan Sarana Prasarana Pertanian Dairi

waktu baca 2 menit
Selasa, 25 Jul 2023 12:53 0 1030 ERIKSON SIRAIT

Dairi-Lipuatn 4.Com:Sebagai sebuah kabupaten yang 80 persen masyarakatnya mengantungkan hidup dari usaha bertani, Kabupaten Dairi selalu berupaya memenuhi kebutuhan sektor penting ini melalui peningkatan sarana dan prasaran pertaniannya.Selain itu ditengah teknologi pertanian yang terus berkembang, peran generasi muda dalam pembangunan pertanian di Dairi mutlak diperlukan guna regenerasi dan melahirkan petani millenial yang mampu menerapkan ilmu,teknologi dan digitalisasi dalam sektor ini.

Menindaklanjuti hal itu,Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi (Kadistan KPP) Kabupaten Dairi,Robot Simanullang memenuhi undangan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian(Dirjen PSP)Kementerian Pertanian RI,Ali Jamil, di Jakarta, pada Kamis 20 Juli 2023 lalu.

Dalam keterangannya Robot Simanullang menjelaskan, pertemuannya berdiskusi membahas kebutuhan sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Dairi. Ia menyebut, kunjungan dan pertemuan ini adalah tindaklanjut usulan Bupati Dairi Eddy Berutu guna peningkatan produktifitas sektor pertanian, lewat pemenuhan sarana dan prasarana pertanian yang hilirnya adalah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dirjen PSP mengundang saya untuk hadir, mendiskusiskan kebutuhan sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Dairi terkait dengan usulan bapak bupati Dairi pada Januari lalu. Pak Dirjen memberi respon positif akan hal itu dan langsung kami (Dinas Pertanian KPP) tindak lanjuti,” kata Robot Simanullang usai pertemuan.

“Kami membahas kebutuhan prasarana dan sarana pertanian di Kabupaten Dairi, mulai dari Jalan usaha tani, Irigasi persawahan, Embung dan alat mesin pertanian (alsintan), bahkan pergudangan. Ini adalah salah satu jalan menggapai produktifitas hasil pertanian yang baik, yang dengan demikian Agri Unggul dapat kita capai yang hilirnya adalah kesejahteraan petani,” katanya menambahkan.

Lebih jauh dijelaskan, semua permohonan telah terklarifikasi dalam pertemuan tersebut, dimana pada prinsipnya Dirjen PSP menyetujui permohonan itu tentunya akan dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku.

Kata Robot,banyak hal yang disampaikan dalam pertemuan itu. Ali Jamil, meminta agar fasilitas yang akan atau sudah diberikan sebelumnya dapat dimanfaatkan denga baik.

“Tentu memang tak bisa sekaligus. Semua kebutuhan sarana dan prasarana perlahan akan kita wujudkan. Harapan kita semua akan tuntas,”ujarnya.

Dari hasil pertemuan, Robot menyebut bahwa Dirjen PSP akan mengirim tim untuk turun langsung ke Dairi melakukan survey lokasi kelayakan project .

“Sebagai wujudnya,dalam waktu dekat, sebagaimana dijelaskan pak dirjen, beliau akan menurunkan tim ke Dairi untuk survey kelayakan lokasi project, sekaligus memferifikasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) penerima manfaat. Sebagai kabupaten dengan 42,80 % PDRB yang bersumber dari pertanain, sarana dan prasarana ini diharap dapat meningkatkan produktifitas pertanian. Terimakasih atas atensi dari pak dirjen PSP, kami akan siap merawat sarana dan prasarana ini,”katanya mengakhiri.

(Tim/Rait)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x