x

Disperkim Kota Banjarmasin Akan Bangun 2 Rusunawa Baru

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Feb 2024 18:21 0 132 G. IRAWAN

BANJARMASIN – LIPUTAN 4.COM. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin, akan membangun kembali dua buah Rusunawa.

Rencana Rusunawa yang akan dibangun di dua lokasi tersebut di daerah Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dan di daerah Jalan Veteran, Kecamatan Banjarmasin Timur, Rabu (21/02/24).

Kepala Dinas Disperkim Kota Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya menjelaskan, bahwa saat ini proyek tersebut baru sampai pada tahap studi kelayakan pembangunan,” ucap Chandra.

Untuk skema mengenai pembiayaan yang akan dilakukan pada dua Rusunawa tersebut juga berbeda, Dimana untuk masalah pembiayaan pembangunan Rusunawa tersebut tidak sepenuhnya dari Pemerintah Kota Banjarmasin,” jelasnya.

“Pembangunan Rusunawa di daerah kawasan Mantuil contohnya, Itu dilakukan sama seperti Rusunawa di kawasan Teluk Kelayan,” ucapnya.

Sebagai gambaran, untuk pembangunan Rusunawa di daerah kawasan Teluk Kelayan yang dibangun pada Tahun 2018 tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujarnya.

Proyeknya juga dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Penyediaan Perumahan, di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI,” tambahnya.

“Dan untuk di daerah kawasan Mantuil tersebut juga akan berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk penataan kawasannya,”tuturnya.

“Selain untuk menangani masalah Penanganan Kawasan Kumuh dan juga Penataan Sungai, Agar warga yang nantinya tinggal disana dapat menjadi lebih nyaman lagi,” jelasnya.

Sementara untuk pembangunan Rusunawa di daerah kawasan Jalan Veteran, Kadis Perkim Kota Banjarmasin belum bisa memastikan tentang skema apa yang akan dilakukan nantinya, Apakah nanti akan sama seperti di Teluk Kelayan, atau malah harus menggunakan APBD,” ucapnya.

Untuk Pembangunan Rusunawa di kawasan daerah Kampung Batuah dipastikannya, sebagai opsi relokasi bagi para warga setempat nantinya. Khususnya bagi warga yang terdampak dari program pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Banjarmasin,” jelasnya.

Pasalnya, kawasan tersebut sudah sekian lama menjadi incaran pemkot Banjarmasin untuk direvitalisasi, namun hingga sampai saat ini rencana untuk revitalisasi belum bisa dijalankan, “Rencana kami nanti untuk warga, ditempatkan untuk sementara saat program revitalisasi berjalan,” ujarnya.

Terkait dengan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan kedua Rusunawa tersebut, Kadis Perkim Kota Banjarmasin mengatakan belum bisa untuk dapat merincikannya,” ujarnya.

Ada kemungkinan untuk di Tahun 2025 nanti rencana pembangunan itu bakal segera terealisasi, dengan catatan, segala yang dibutuhkan sudah selesai. Seperti, studi kelayakan dan pembebasan lahan,” terangnya.

“Termasuk, Detail Engineering Design (DED) rampung dibuat insyaallah mungkin tahun depan,”pungkasnya (IWAN L4).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x