x
HARI KARTINI

Digitalisasi Pelayanan Adminduk, Wabup JR Launching Adminduk Distrik Kuala Kencana

waktu baca 3 menit
Jumat, 3 Jun 2022 19:45 0 381 Redaksi

TIMIKA | Digitalisasi pelayanan untuk kemudahan bersama sehingga Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob, S. Sos, MM membuka acara Launching Administrasi Layanan Penduduk (Adminduk) Kula Kencana bertempat di Kantor distrik Kuala Kencana pada, Jumat(3/06/2022).

Turut Hadir Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo, Anggota Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala distrik Kuala Kencana Septinus Timang beserta stafnya, serta sejumlah masyarakat yang turut hadir dalam launching tersebut.

Seemntara,  Wakil Bupati dalam sambutanya berharap efisiensi pelayanan menjadi target utama yang akan digapai. Melalui digitalisasi semua menjadi lebih mudah dan cepat.

“Semua jadi cepat dan mudah, untuk jaringan perlu kita lobi lagi ke kementrian informasi dan komunikasi (Kominfo) agar plening tercapai. Semua secara bertahap tapi syukur pada tahun 2021 melalui PT. Karya Bakti Nusantara Mimika dapat 47 titik jaringan yang paten, tahun 2022 bertambah 117 titik jaringan dan target 152 titik sehingga semua terjangkau baik gunung maupun pantai,” ujarnya.

Mimika mengalami hambatan selama ini karena masalah lahan yang akan digunakan warga selalu minta bayar. Harap dukungan masyarakat agar listrik, air, internet bisa jalan dengan cepat tahun ini akan lounching 25 kampung dan rampung pada akhir tahun 2022.

Jhon melanjutkan, setelah digitalisasi masyarakat cukup menunggu dirumah karena sudah hadir beberapa layanan administrasi digital yang disajikan oleh Dukcapil Mimika seperti Operator Layanan Administrasi Online (Orlando) dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi terkini data kependudukan serta mengurus administrasi kependudukan. Program lainnya adalah Anjungan Dukcapil Mandiri, dimana masyarakat bisa mencetak Dokumen Kependudukan secara mandiri, setelah melalui proses verifikasi data serta Sistem Layanan Cepat Antar Adminduk Dukcapil (Si Lincah).

“Sosialisasi perlu agar masyarakat dan kepala kampung tidak salah mengerti.Pada pelaksanaannya kadang masyarakat jauh-jauh dari gunung ke kantor disdukcapil hanya urus KTP, Akte dan berkas lain itu sangat melelahkan.Tidak perlu lagi ke kantor disdukcapil tapi bisa ke Kantor camat atau kantor distrik setempat sehingga semua lebih mudah,” terangnya.

Sedangkan Slamet Sutejo, Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika menambahkan, pelayanan pemerintah harus terus bersinergi untuk memperbaiki data kependudukan.

“Peningkatan mobilisasi penduduk, pemekaran distrik atau kampung jadi perlu upgrade agar lebih detail.Semua jadi penentu pemerintah pusat saat ambil keputusan atau kebijakan yang pasti,” ujarnya

Selanjutnya Kepala distrik Septinus Timang mengatakan, warga mengeluh bantuan yg belum dapat, kendala jaringan tapi semua butuh kerja sama dan dukungan sehingga semua cepat tercapai.

” Semua mengeluh terus tapi saya bilang pemerintah butuh pengertian dan dukungan dari kita semua untuk kemajuan Mimika,” ulasnya.

Berita dengan Judul: Digitalisasi Pelayanan Adminduk, Wabup JR Launching Adminduk Distrik Kuala Kencana pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Redaksi

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ULTAH PULAU TALIABU
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x