Bupati Serahkan Bantuan Ke Pondok Pesantren Se-Kabupaten Tapsel

Bupati Serahkan Bantuan Ke Pondok Pesantren Se-Kabupaten Tapsel

Liputan4.com.  Tapanuli Selatan
TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pihaknya sangat serius dalam memperhatikan kemajuan di bidang pendidikan. Dalam menerjemahkan “Tapsel yang Cerdas, pihaknya mendorong semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan termasuk pesantren dengan program aksi yang nyata.

“Karena saya menyadari, kalaulah Tapanuli Selatan atau Sumatera Utara ini, tidak dibentengi dengan agama, dikuatirkan kita akan terpengaruh budaya-budaya yang tidak baik dari luar,” ujar Bupati pada acara penyerahan bantuan ke Pondok Pesantren se-Kabupaten Tapsel, di Ponpes Nurul Falah Tamosu, Desa Panompuan, Kecamatan Angkola Timur, Rabu (15/6/22).


Bupati juga berpesan ke kalangan santri agar tampil terdepan dalam menjawab permasalahan umat. Sebab, jika tidak ada Pondok Pesantren, maka dikuatirkan umat akan semakin jauh dari tuntunan agama Islam yang baik dan benar.

“Maka dari itu, saya harapkan kepada adik-adik santri di Pondok Pesantren, agar selalu belajar dengan baik. Apabila tidak tahu dalam sebuah persoalan disela belajar, jangan malu untuk bertanya agar ke depan bisa menjadi cendikiawan Muslim di masa mendatang,” harap Bupati.

Bupati berharap, ke depan lahir pemimpin-pemimpin di Tapsel dari kalangan santri yang akan menuntun umat maupun jalan pemerintahan ke arah yang lebih baik. Dia berpesan, santri-santri di Pesantren akan lebih berhasil dari generasi saat ini.

Sementara itu, Ketua Badan Silaturahmi Pesantren Sumatera Utara (BSPSU), Maksan Dalimunthe, mengucapkan terima kasih kepada Bupati, sebab untuk tahun ini sebanyak 15 pesantren akan menerima bantuan dari Pemkab Tapsel. Menurutnya, hal tersebut mencerminkan kekompakan antara Umara (Pemimpin) dan Ulama (Tokoh Agama Islam).

“Saat ini kita benar-benar menyaksikan di Tapanuli Selatan, Umara dan Ulama bisa berjalan bersama,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapsel, KH Ahmad Ghozali Siregar, dalam sambutannya menyatakan bahwa, tujuan utama dari acara tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi dengan Pemkab Tapsel. Sebab menurutnya, apabila Umara dan Ulama berjalan seiringan, maka dapat dipastikan pembangunan akan terlaksana dengan baik.

“Pesan saya, mari kita bersatu-padu untuk membangun negeri ini demi kemajuan kita bersama,” pungkasnya.

Setelah itu Bupati menyerahkan bantuan ke Ponpes Nurul Falah Tamosu, Roudatul Khairiah, Baitul Rahmi, Isbul Bahri Almusri, Darul Mursidi, Roudatul Falah, Mangaraja Panusunan Achir, Ahli Sunnah Waljamaah, Ittihadul Muklisin, Mardotillah, KH Ahmad Dahlan dan MTSN 4 Kabupaten Tapsel.

Turut hadir, Kabag Kesra, Kabag Humas dan Protokol, pimpinan Ponpes Nurul Falah Tamosu serta para santri/santriwati. (mr)