x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Bakti Sosial Pemuda Peduli Dispora Medan Tanam Pohon Durian di Taman Pekuburan Simalingkar B

waktu baca 2 menit
Selasa, 26 Sep 2023 19:20 0 179 JONI BARUS

Medan, Liputan 4.com-
Penghijauan langkah mitigasi efektif dalam menghadapi berbagai kondisi tidak terduga yang mengancam kelangsungan kehidupan akibat perubahan iklim global.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pulungan Harahap pada kegiatan penanaman pohon yang merupakan rangkaian Bakti Sosial Pemuda Peduli Tahun 2023 di Taman Kuburan Simalingkar B, Selasa (26/9).

Dalam kegiatan yang diadakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan ini, dia menyampaikan, kenaikan suhu global menyebabkan tingginya intensitas cuaca ekstrem dan pergeseran iklim.

“Saat ini tidak jarang kita rasakan, cuaca panas namun tiba-tiba hujan deras. Bahkan BMKG mencatat per tanggal 29 April hingga 30 April 2023 yang lalu, suhu di Kota Medan mencapai 36,5 derajat Celcius. Suhu ini menjadi suhu tertinggi yang terjadi di Kota Medan. Hal ini tentu berdampak buruk pada kualitas kesehatan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Penanaman pohon, lanjutnya, menjadi salah satu opsi terbaik untuk menekan dampak krisis iklim yang terjadi di Medan. Tingginya emisi karbon akibat perubahan iklim dapat direduksi dengan – salah satunya – kegiatan penanaman pohon ini.

Dia mengharapkan, kegiatan ini menjadi langkah preventif dan mengedukasi masyarakat agar meningkatkan kesadaran melestarikan lingkungan. Ini harus dilakukan bersama-sama agar komitmen tersebut mampu mempercepat pemulihan lingkungan.

“Kita perlu mengevaluasi diri dan belajar dari negara-negara yang mengedepankan prinsip peduli lingkungan. Beberapa negara tersebut antara lain Australia yang memiliki target menanam 20 juta pohon di 2020, Brazil yang berkomitmen meningkatkan area hutan seluas 2 juta hektar, bahkan Thailand yang meningkatkan kawasan hutannya sebesar 55 persen,” paparnya. .

Indonesia, sebutnya, juga memiliki target seluas 85,6 juta hektar hutan sampai tahun 2045. Target ini harus diwujudkan. Langkah kecil #Pemudapeduli menjadi sebuah kebiasaan baik yang dapat diwariskan untuk generasi ke generasi berikutnya.

“Penanaman pohon hari ini berpengaruh positif bagi alam dan lingkungan, menjadi warisan kita untuk Kota Medan. Dengan kegiatan ini, kita berharap kelak Medan lebih hijau dan memiliki lingkungan hidup asri dan berkualitas,” sebut Pulungan,

Dalam kegiatan itu, Pulungan dengan terampil mengayunkan cangkul mengorek tanah. Tanpa canggung Kadispora Medan memasukkan bibit pohon durian ke lubang yang tersebut.

Sebelumnya Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Medan, Irwan Karimuddin Pane melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi antarmahasiswa, pemuda, dan masyarakat, sekaligus meningkatkan peran serta pemusa Medan agar lebih peka terhadap lingkungan.

Selain penanaman pohon, lanjutnya, kegiatan ini juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, pasar murah, dan penyuluhan bahaya narkoba.(JB)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x