x

Arman Pemuda Palas Kembangkan Limbah Serbuk Kayu Menjadi Peluang Usaha

waktu baca 2 menit
Rabu, 14 Des 2022 00:15 0 484 Redaksi

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan.

Serbuk gergaji atau serbuk kayu merupakan limbah industri penggergajian kayu. Selama ini limbah serbuk kayu hanya ini dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar. Namun ini di manfaatkan sebagai bahan baku budidaya jamur tiram
oleh pemuda warga desa palas aji yang hasilnyapun bisa di rasakan dirinya dan warga sekitar.

Saat sulitnya mencari lapangan kerja, namun Arman pemuda desa palas aji kecamatan palas Kabupaten Lampung Selatan, menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar dengan berbudidaya jamur tiram menggunakan limbah industri serbukan gergaji.

Walupun di bilang baru tiga bulan, arman mengeluti usaha jamur tiram, namun dirinya berkeyakinan usaha jamur tiram adalah peluang bisnis yang menjanjikan dan mempunyai prospek yang bagus untuk jangka panjang.

“Ini usaha yang menjadi salah satu komoditas dan tingginya kebutuhan konsumsi di tengah masyarakat,yang cukup luas,” ucap dia saat di temui di lokasi budidaya jamur tiram, Minggu, (11/12/12022).

Saat ini arman baru mempekerjakan empat pemuda warga sekitar, dia juga berencana akan mengembangkan lagi usaha budi daya jamur tiram dengan memperluas tempat usahanya. Menurut dia dengan mengkonsumsi hasil budidaya jamur tiram miliknya tidak ada campuran dari bahan kimia semua bahan organik dan aman untuk kesehatan.

“hanya membutuhkan, 45 hari dari proses awal sampai memanennya, setiap harinya dirinya baru bisa memanen 15 sampai 20 Kg, dengan harga 15 ribu perkilonya,” kata Arman

Dengan ketekunan dan bermodal pengalamannya saat ini dirinya telah memperkerjakan para pemuda di sekitar rumahnya, sekaligus membuka lapangan kerja. Dia pun menyediakan bibit bagi masyarakat yang ingin berbudidaya jamur tiram.

” Saya menyediakan pembibitan yang sudah di boglog, dengan harga dua ribu lima ratus sampai dengan tiga ribu, tergantung besar kecil boglog.” pungkas dia

Dengan dukungan kedua orang tua, arman bercita-cita untuk memperluas tempat budidaya jamur tiram, dan harapan bisa mendapat dapat penghasilan serta berdampak positif bagi masyarakat.

Berita dengan judul: Arman Pemuda Palas Kembangkan Limbah Serbuk Kayu Menjadi Peluang Usaha pertama kali tampil pada Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. Reporter : Sri Widodo

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x