Ahmad Zarnawi Hadiri Natal Oikumene, Tekankan Umat Beragama di Palas Utamakan Sikap Toleransi

LIPUTAN4.COM,PADANG LAWAS

– Plt Bupati Padang Lawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu , tekankan umat beragama di Kabupaten Padang Lawas mengutamakan sikap toleransi.


“Perilaku toleran dalam kebhinnekaan penting ditanamkan dalam jiwa untuk menjaga kerukunan dan kedamaian,” Ujar AZP saat memberikan sambutan pada acara Natal Oikumene Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Palas Tahun 2022 di Gereja HKBP Huta Raja Lamo Resort Sion Nauli Sosa, Sabtu (3/12/2022).

“Zarnawi juga menyebutkan bahwa Keberagaman dan perbedaan bukan penghalang tetapi harus menjadikan kita semakin kuat dalam persaudaraan.
Untuk itu, rawat perbedaan dan keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Disamping itu, Ia mengingatkan agar seluruh umat beragama tetap bersatu dan jangan terpengaruh isu isu miring khususnya yang menyangkut SARA yang akan memecah belah persatuan di Kabupaten Padang Lawas.

“Persatuan dan kesatuan adalah bagian dari integral, landasan yang kokoh serta modal penting dalam keberhasilan Pembangunan di Kabupaten Padang Lawas”, Ucap Zarnawi.

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua untuk tetap bersatu, rukun dan damai saling berdampingan, antisipasi berita berita miring yang bisa mengancam persatuan dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Padang Lawas, Mari bersatu membangun dan wujudkan Palas yang BERCAHAYA, Pungkasnya.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, MA menyampaikan tiga Pesan penting Natal Oikumene Tahun 2022 :

Pertama, Modernisasi beragama yaitu cara dan sikap pandang penganut beragama dalam memahami nilai-nilai inspirasi yang disebut ajaran agama.

Nilai inspirasi beragama salah satunya adalah harus ada nilai toleran diantara umat beragama, diantara ummat seagama bahkan nilai toleran diantara ummat beragama dengan pemerintah.

Yang kedua tahun kerukunan dalam pengertian konseptual adalah seluruh umat beragama harus bisa memahami nilai nilai agamanya dan menuntun umatnya untuk menjaga kerukunan dan tidak terpecah belah dalam menjalankan agamanya.

Ketiga, menumbuhkan semangat bangga dengan ajaran agama yang dianut, Imbuhnya

Sebelumnya ketua Panitia Natal Okuimene Tahun 2022, Pdt. Sumuhur Hutabarat, STh melaporkan peserta natal adalah seluruh umat kristiani Kabupaten Padang Lawas yang tergabung dalam organisasi BKAG dengan jumlah peserta lebih dari 1000 orang.

Hadir dalam acara ini Wakapolres Palas, Kompol JW Sijabat Inspektur Inspektorat Palas, Harjusli Fahri Siregar, Kadis Porapar, M Rasyidi Hasibuan, Kadis PU, H Muhammad Yani, Plt Kadis PMD, M Faisal Amrin Siregar, Kakan Kesbang, Alhaji Alamsyah, Pabung 0212/TS, Kapolsek Sosa, AKP Haposan Harahap.(Sbn).