x
HARI KARTINI

2800 Peserta Sudah Mendaftar Ba’ayun Maulid Di Mesjid Keramat Banua Halat Rantau

waktu baca 2 menit
Senin, 25 Sep 2023 20:33 0 201 G. IRAWAN

 

 

TAPIN – LIPUTAN 4.COM. Pendaftaran peserta “Ba’ayun Maulid” di Masjid Keramat Banua Halat atau Masjid Al-Mukarramah saat ini sudah mencapai 2800 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

“Sementara ini untuk jumlah peserta Ba’ayun Maulid di mesjid Banua Halat Rantau sudah mencapai 2800 orang lebih,” ujar Pj.Bupati Tapin, H Syarifuddin, Senin (25/09/23).

Acara tahunan mengayun anak hingga orang dewasa ini adalah perayaan suka cita masyarakat rantau untuk menyambut momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW, atau sering disebut Ba’ayun Maulid yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023, Kegiatan ini masuk dalam kalender event Kalimantan Selatan,” ucap Pj.Bupati Tapin, H.Syarifuddin.

Saat ini, kata Syarifuddin, pemerintah daerah bersama masyarakat Desa Banua Halat tengah mempersiapkan segala kesiapan acara agar pelaksanaan kegiatan acara ba’ayun maulid tersebut berjalan lancar, nyaman dan aman.

Pj.Bupati Tapin menjelaskan bahwa perayaan Umat Muslimin yang menyedot ribuan orang ini bakal berdampak terhadap ekonomi masyarakat secara langsung,”Dampak positifnya sangat besar, baik itu para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Terpisah, Panitia Pelaksana Ba’ayun Maulid, Abdurrahman mengungkapkan kemungkinan besar para peserta akan terus bertambah hingga di akhir pendaftaran, “Peserta terjauh untuk saat ini berasal dari Jakarta dan Jawa,” ujarnya.

Pada Tahun sebelumnya, tercatat ada sebanyak 4.481 orang yang mengikuti acara Ba’ayun Maulid ini, Sedangkan untuk peserta terjauh dari Nusa Tenggara Barat (NTB),” terangnya.

Pada tahun 2008 tradisi Ba’ayun Maulid tersebut tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), dengan peserta terbanyak se-Indonesia pada kegiatan budaya yang pernah ada, dan pada tahun 2015 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menetapkan Ba’ayun Maulid mendapat penghargaan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia,” tutupnya (ant/IWAN L4).

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ULTAH PULAU TALIABU
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x