x
HARI KARTINI

15 Sekolah SMK Masuk Final Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023

waktu baca 3 menit
Jumat, 6 Okt 2023 19:57 0 195 ABDI SUMARNO

Jakarta, Liputan4.Com – Sebanyak 15 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipastikan masuk ke babak final Olimpiade Jaringan Mikrotik 2023. Para finalis ini mengungguli 415 SMK yang berasal dari 28 propinsi di Indonesia.

 

Babak final akan dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 16 sampai 20 Oktober 2023 dengan sistem karanna, yang akan menguji baik dari sisi pengetahuan maupun ketrampilan melalui

test tertulis, test praktek, dan cerdas cermat. Sebelumnya mereka telah menempuh 3 tahapan seleksi, yaitu seleksi test tertulis secara daring, pembuatan video tutorial, dan test wawancara,

yang diadakan sepanjang bulan September 2023. Berdasarkan pengumuman finalis yang dilakukan secara daring pada tanggal 4 Oktober 2023,

lima belas SMK yang berhasil masuk babak final adalah :

 

1.SMK NEGERI 3 SINGARAJA

BALI

2 .SMK NEGERI 1 GOMBONG

JAWA TENGAH

3. SMK NEGERI 1 SEDAYU

DI YOGYAKARTA

4. SMK NEGERI 1 TENGGARONG

KALIMANTAN TIMUR

5. SMK INFORMATIKA PESAT

JAWA BARAT

6. SMK PERSADA MAKASSAR

SULAWESI SELATAN

7.SMK NEGERI 2 DEPOK

JAWA BARAT

8. SMK KRISTEN PETRA SURABAYA

JAWA TIMUR

9. SMK IT IHSANUL FIKRI

JAWA TENGAH

10. SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

DI YOGYAKARTA

11. SMK NEGERI 8 KAB TANGERANG

BANTEN

12. SMK NEGERI 1 DENPASAR

BALI

13. SMKS PELITA GEDONG TATAAN

LAMPUNG

14. SMK KARYA GUNA BHAKTI 2 KOTA BEASI

JAWA BARAT

15 . SMK CIJANGKAR

JAWA BARAT

 

 

Melihat proses seleksi di babak penyisihan, “ Pembelajaran ilmu jaringan sudah merata hampir di semua propinsi di Indonesia, terlihat dari antusias SMK yang mengikuti acara ini berasal dari 28 propinsi di Indonesia,” ungkap Pujo Dewobroto, salah satu juri OJM2023.

Pada seleksi tahap 2, peserta diminta untuk membuat video tutorial dengan memilih salah satu topik : Konfigurasi Dasar, Packet Flow, Firewall Filter, Firewall Mangle, VPN, Simple Queue, HTB, Wireless, atau Router OS Scripng.

 

OJM 2023 ini adalah OJM ke-enam kalinya, yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan secara rutin sejak tahun 2016, yang diikuti oleh SMK yang memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Hanya di tahun 2021 dan 2022 OJM absen diadakan karena pandemic Covid- 19.

“Yang paling penting dari acara ini adalah memacu siswa SMK untuk mendalami dunia jaringan,menguji sejauh mana ilmu jaringan ini diajarkan di SMK, serta menemukan bibit unggul calon tenaga ahli jaringan yang siap untuk terjun di industri,” menurut Valens Riyadi, Direktur UtamaPT Citraweb Solusi Teknologi yang juga Mikrotik Cerfied Trainer di Indonesia.

 

Ditambahkan oleh Dibyo Surya Setyawan, penyelenggara lomba burung ini, Sebagian besar finalis pada tahun-tahun sebelumnya, bisa bekerja pada industri jaringan dan telekomunikasi, sebagai bahwa acara ini juga menjadi jembatan strategis antara dunia Pendidikan dan dunia industri.” imbuhnya.

 

Pemenang OJM2023 ini akan mendapatkan uang pembinaan, serta bantuan perangkat keras jaringan untuk melengkapi laboratorium jaringan yang sudah ada di sekolah masing-masing,dengan total nilai lebih dari 160 juta rupiah. Informasi lebih lanjut mengenai acara .(Abdi)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ULTAH PULAU TALIABU
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x