Yulian Gunhar Hadir di Peresmian PJUTS Untuk Wilayah Sumsel

Yulian Gunhar Hadir Di Peresmian Pjuts Untuk Wilayah Sumsel

Liputan4.com, Palembang – Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dari kementerian ESDM melakukan peresmian penerangan jalan umum tenaga Surya (PJUTS) di empat kabupaten/kota di Sumatera Selatan Yaitu kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, Muratara dan Kota Palembang.

Peresmian PJUTS bertempat di desa Pangkalan Benteng kabupaten Banyuasin, senin (7/3/22).


Program pemasangan PJUTS telah dilaksanakan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM sejak 2015 hingga 2021 dengan total 90.687 unit tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hadir dalam peresmian PJUTS anggota DPR RI dari Komisi VII (Fraksi PDI-P) Yulian Gunhar dalam wawancara dengan awak media mengatakan, sudah diberikan sebanyak 350 unit PJUTS untuk Sumsel, Palembang (70 unit), Banyuasin (150 unit), Muratara (90 unit), dan Ogan Ilir (40 unit) diharapkan selain untuk penerangan juga sebagai langkah untuk menekan angka kriminalitas dijalanan, Komisi VII DPR RI adalah mitra kerja Kementerian ESDM. Harapan saya PJUTS yang diberikan dapat bertambah untuk membantu memberi penerangan jalan bagi masyarakat, ujarnya.

Sekretaris daerah Pemerintah Kabupaten Banyuasin Muhammad Senen Har mewakili pemerintah kabupaten Banyuasin yang juga mewakili penerima PJUTS, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan PJUTS di wilayahnya.

“Setelah lampu ini terang benderang harapan kita semua marilah kita jaga bersama-sama. Saya juga berharap penerangan lampu jalan ini kita dapat mengurangi kejahatan, kriminalitas, manakala kita pulang kerja larut malam,” harapnya.

Keuntungan dalam penggunaan PJUTS sebagai alat bantu penerangan memiliki kelebihan yakni stand alone (berdiri sendiri), dimana menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. PJUTS cocok digunakan untuk di daerah jalan yang belum terjangkau listrik PLN dan daerah krisis listrik terutama wilayah terpencil, terluar dan perbatasan.

Hadir dalam peresmian dirjen kementerian ESDM EBTKE, kepala dinas ESDM propinsi Sumatera Selatan, wakil dari Pemkot Palembang, wakil dari Pemkab Muratara, Forkompimda kabupaten Banyuasin, Forkompimcam Talang kelapa dan Kades se kecamatan talang kelapa.

Print Friendly, Pdf & Email