News  

Yayasan Jabal Rahmah AlBanna Mapurjaya Melakukan Pawai Ta’aruf Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah 2020 Masehi

Yayasan Jabal Rahmah Albanna Mapurjaya Melakukan Pawai Ta'Aruf Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah 2020 Masehi
Yayasan Jabal Rahmah Albanna Mapurjaya Melakukan Pawai Ta'Aruf Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah 2020 Masehi
Ketua Yayasan Jabal Rahmah Al-Banna Mapurjaya Hj, Rampeani,S.pd. Saat Melakukan Sesi Foto Bersama Ketua Ii,Fkub. Hi Abdul Muthalib. Dan Anggota Tni, Polri Serta Orari.  Di Pelataran Masjid Jabal Rahmah. Kamis, (20/8/2020. Foto: Makatita)

Liputan4,Mimika.

Pawai Taaruf dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah/ 2020 Masehi,yang digelar di Masjid Jabal Rahmah Mapurjaya. Kamis (20/08)  Pagi tadi, berlangsung meriah. Ratusan peserta mengikuti pawai dari Titik star Pomako,  Hingga Finish Di Pelataran Masjid Jabal Rahma mapurjaya.


Peserta yang meramaikan pawai ini antara lain dari kalangan Taman Kanak-Kanak, pelajar sekolah tingkat SD/ Hingga orang tua murid SD Islam Mapurjaya, masyarakat, Orari Mimika dan Aparat TNI, Polri.

Pawai taaruf mengambil titik start dari  pelabuhan Pomako.  finihs di Masjid Jabal Rahma. Mapurjaya Mimika Timur, dilepas oleh Ketua Yayasan Jabal Rahmah Al-Banna. Hj rampeani,S.pd. didampingi Ketua II FKUB Kab, Mimika. Hi, Abdul Muthalib elwahan S.pd unsur Dan juga Dikawal Oleh TNI POLRI. serta tamu undangan lainnya.

Di sela pelepasan, Ketua Yayasan Jabal Rahmah Al-Banna  Hj, rampeani. mengucap syukur atas terselenggaranya acara pawai taaruf yang berjalan dengan lancar hingga akhir acara. ”Alhamduilliah tahun ini menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, kelihataannya masyarakat Mimika Timur masih antusias untuk ikut memeriahkan pelaksanaan pawai taaruf” ungkapnya.

Disampaikannya pula, tahun baru Islam ini dimaknai sebagai momentum perbaikan diri ke arah yang lebih baik. ”Memasuki tahun baru berarti bertambah usia satu tahun, sudah seharusnya memahami akan tugas dan fungsi hidup, yakni beraktivitas untuk kemaslahatan umat dan beribadah hanya kepada Allah SWT,” paparnya.

Dirinya juga berpesan agar memanfaatkan waktu tersisa dengan sebaik-baiknya, misalnya dengan giat belajar, giat bekerja, giat beribadah serta giat dalam membangun negara dan bangsa. Selain itu di tahun yang baru hendaknya meninggalkan kebiasaan lama yang tidak bermanfaat .

Sebab, Mimika Timur yang dianggap wilayah kecil dan terpencil dari kota Timika, sehingga dengan kehadiran Yayasan Jabal Rahmah Al Banna, akan terus bersinergi bersama semua pihak terutama Pemerintah guna melaksanakan kegiatan-kegiatan nasional maupun keagamaan di Distrik Mimika Timur.

Oleh karena itu, dalam melaksanakan kegiatan keagamaan seperti ini, Yayasan Jabal Rahmah Al Banna juga melibatkan pihak lainnya yang bertujuan agar semangat toleransi terus tumbuh di Kabupaten Mimika, khususnya di Distrik Mimika Timur.

Begitu pula terhadap kegiatan keagamaan lainnya, seperti kegiatan keagamaan umat nasrani, umat muslim di Mimika Timur juga berpartisipasi didalamnnya.

“Kami berpartisipasi bagaimana menyatukan pendapat sehingga ikatan toleransi umat beragama di Kabupaten Mimika ini, khususnya di Mimika Timur ini lebih baik dari yang lainnya,” kata Hj Rampeani.

Selain itu di tengah pendemi covid-19 saat ini, yang menurutnya seakan-akan pandemi telah menjajah seluruh umat beragama, sehingga memperpendek langkah untuk melakukan sesuatu atau kegiatan yang mungkin sudah direncanakan sebelumnya.

“Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih mengimbau bahwa covid-19 itu kembali ke diri kita sendiri. Kalaupun kita terlena dengan situasi yang membuat kita mudah terkena virus, berarti kita salah satu korban. Tetapi kalau kita disiplin, kembali dengan protokol kesehatan, kita tetap terlindungi dari virus itu,” Tandasnya.

(Makatita)