Wujudkan Pilkada Aman, Damai, Demokratis dan Sehat, Ini Harapan Kapolda Gorontalo dan Danrem 133/NW.

Liputan4.com. Gorontalo – Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus SIK.,M.SI.,MM bersama Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito,MA, Senin 21/09/2020 pukul 08.30 Wita menggelar tatap muka dengan Forkopimda Kabupaten Gorontalo dan sejumlah pimpinan Parpol dan Tokoh asal Kabupaten Gorontalo di Mapolres Gorontalo.

Maksud diadakannya tatap muka tersebut, selain sebagai ajang silaturohmi, juga mengajak kepada unsur Forkopimda dan para Tokoh Kabupaten Gorontalo untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Propinsi Gorontalo dengan aman, damai, demokratis dan sehat tanpa menimbulkan kluster baru Covid19.

“Saya sangat optimis, Pilkada dan penanganan Covid-19 di wilayah Propinsi Gorontalo akan berjalan dengan sukses apabila seluruh forkopimda beserta seluruh Tokoh dan komponen masyarakat lainnya saling bahu membahu, dan bekerjasama sesuai fungsinya masing-masing,” ujar Irjen Pol Wiyagus.

Irjen Pol Wiyagus mengatakan bahwa untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, demokratis dan sehat tidak dapat dikerjakan secara sektoral.

“Ini adalah tanggung jawab bersama dan tidak bisa dikerjakan secara sendiri-sendiri, saat ini kita memiliki tanggung jawab mensukseskan Pilkada dan juga mencegah penyebaran Covid-19, Polri dan TNI selain siap memberikan jaminan keamanan di seluruh tahapan Pilkada juga all out mendukung pemerintah daerah dalam hal penanganan Covid-19, tentu diharapkan juga peran komponen lainnya,” ujar Jendral Bintang Dua.

Selanjutnya Kapolda Gorontalo menyampaikan bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum Protokol Kesehatan saat ini masih dalam pembahasan di DPRD Propinsi.

“Keselamatan masyarakat adalah yang utama, oleh karena itu penegakkan disiplin protokol kesehatan perlu dukungan semua kalangan,” ucapnya.
Sementara itu Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito mengatakan bahwa dalam tahapan Pilkada ada beberapa kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Ada beberapa kegiatan dalam setiap tahapan Pilkada yang berpotensi menimbulkan kerumunan yang berimplikasi terhadap penyebaran Covid-19, oleh karena itu perlu dibuat surat pernyataan dari para paslon, pimpinan parpol dan juga tim sukses untuk patuh dan taat terhadap protokol kesehatan,” terang Danrem 133/NW.

Bupati Gorontalo dalam hal ini diwakili oleh Sekda Hj. Hadija U. Tayeb mengatakan bahwa dalam rangka mensukseskan Pilkada dan penanganan Covid-19, pihaknya rutin menggelar rapat Forkopimda.

“Kami rutin melaksanakan rapat bersama Kapolres, Dandim dan unsur Forkopimda lainnya setiap bulan, bahkan jika ada hal penting yang harus dibahas kita juga laksanakan rapat bersama, terkait anggaran pengamanan untuk Polres sudah kami siapkan, sedangkan terkait Perda penegakkan Hukum Protokol Kesehatan kita juga sudah susun, namun kami tetap berkoordinasi dan menunggu hasil dari pembahasan Perda di tingkat Propinsi, intinya kami dari pemerintah daerah siap mendukung suksesnya Pilkada dan penanganan Covid19 bersama stakeholder,” ujar Sekda Kab.Gorontalo

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,S.I.K., menerangkan bahwa kehadiran Kapolda Gorontalo bersama Danrem 133/NW dalam tatap muka bersama Forkopimda dan sejumlah tokoh Kabupaten Gorontalo selain bersilaturohmi juga menjaring dukungan dalam rangka mensukseskan Pilkada dan penanganan Covid-19.
“Tatap muka Kapolda Gorontalo didampingi Danrem 133/NW dengan pejabat Forkopimda dan sejumlah Tokoh Kabupaten Gorontalo selain bersilaturohmi, juga untuk menggalang dukungan dari berbagai kalangan, mulai dari pemerintah daerah, unsur Forkopimda, dan juga para Tokoh masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam mensukseskan Pilkada dan mencegah penyebaran Covid-19 sesuai Tupoksi masing-masing, karena beliau sangat optimis, dengan kebersamaan, pelaksanaan Pilkada maupun penanganan Covid-19 akan berjalan dengan sukses dan juga sehat,” pungkas Kombes Pol Wahyu.

Sumber:Bidhumaspoldagorontalo.

(BYP)

Leave a Reply