Warga Kp. Bojong Asih Desa Cicalengka Wetan, Inginkan Jembatan Sungai Cibodas Dibangun Permanen

  • Bagikan

Kab.Bandung-liputan4.com – Warga menginginkan jembatan Sungai Cibodas yang terletak di Kp. Bojong Asih RW 08 RT 01 Desa Cicalengka Wetan yang menghubungkan dua Desa yaitu Desa Cicalengka Wetan Dan Desa Babakan Peuteuy untuk segera di bangun, Selasa ( 04/02/2020).

Jembatan yang menghubungkan dua Desa di Kp. Bojong Asih RW 08 sepanjang kurang lebih 15 meter tinggi 3 meter yang saat ini dibangun seadanya hanya dengan menggunakan bambu kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan dan meresahkan warga. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, dimana pada kondisi ketika curah hujan sangat tinggi air dari sungai Cibodas ini sering meluap ke pemukiman penduduk, sehingga membahayakan masyarakat yang rumahnya berada di pinggiran sungai Cibodas tersebut.

Foto : Anak sekolah menyebrangi jembatan Cibodas untuk berangkat ke sekolahnya ( 04/02/2020)

Ajat salah seorang warga RW 04 RT 01 Kp. Bojongasih Desa Cicalengka Wetan mengatakan, ” Kami menginginkan pembangunan jembaran secara permanen karena khawatir akan keselamatan warga sekitar. Sudah lama kami mengajukan supaya jembatan ini di perbaiki dan di bangun secara permanen kepada pihak Desa, namun tidak pernah ada realisasinya “.

” Padahal jembatan ini sudah 10 tahun digunakan untuk kegiatan lalu lintas warga. Dimana anak-anak sekolah dan masyarakat menggunakan jembatan ini sebagai sarana penyebrangan utama dalam kegiatannya sehari-hari “.

” Ketika Curah hujan sangat tinggi air sungai cibodas ini meluap jembatan pun ikut hanyut terbawa aliran deras sungai, sudah kurang lebih lima kali jembatan ini hanyut dan atas biaya swadaya masyarakat sendiri dibangun kembali. Bahkan sekitar tahun 2014 ada rumah milik ibu Ika yang hanyut terbawa aliran sungai Cibodas dan pernah ada salah seorang warga yang ikut terhanyut air sungai Cibodas , ” Ungkapnya.

Kepala Desa Cicalengka Wetan Nanang Sutisna mengatakan, ” Pembangunan jembatan Cibodas ini sudah masuk dalam agenda pelaksanaan pembangunan di tahun 2020, bahkan kami sudah melakukan pendataan mengenai kondisi jembatan tersebut dan sudah berkoordinasi dengan pihak terkait “, Kata Nanang.

Sudah menjadi kewajiban Pemerintah untuk supaya memperhatikan masyarakat, apalagi menyangkut hajat hidup orang banyak dan keselamatan warga. Jembatan Cibodas ini sudah selayaknya mendapat perhatian serius pihak Pemerintah, dengan segera membangun jembatan Cibodas secara permanen supaya tidak lagi membahayakan keselamatan warga sekitarnya…(kuswandi).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Selamat Hari Raya Idul Fitri