Warga Keluhkan Kondisi Jalan Tebing Rais Air Paoh Baturaja, Selain Memprihatinkan Juga Membahayakan Pengguna Jalan

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Tebing Rais Air Paoh Baturaja, Selain Memprihatinkan Juga Membahayakan Pengguna Jalan

Liputan4.com sumatera selatan – Baturaja, Parahnya kondisi jalan milik Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Propinsi Sumatera selatan, tepatnya dijalan Imam Bonjol Desa Air Paoh Kecamatan Baturaja timur atau yang lebih dikenal dengan jalan tanjakan tebing rais menuai keluhan banyak dari masyarakat OKU yang melintasnya.

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Tebing Rais Air Paoh Baturaja, Selain Memprihatinkan Juga Membahayakan Pengguna Jalan


Lebar jalan yang hanya lebih kurang 6 meter ditambah permukaan jalan bergelombang dan menanjak, saat ini kondisinya sangat memperhatikan dan tentunya mengancam keselamatan warga masyarakat yang melintasi baik roda 2 dan roda 4. Tidak sedikit kendaraan roda 2 dan roda 4 yang mengalami musibah lakalantas di tebing rais ini. Sudah banyak mobil yang bermuatan tak mampu menanjak akibat kondisi jalan yang semakin hari semakin parah, bahkan pernah mobil pengangkut semen karena tidak mampu menanjak akhirnya mundur dan masuk jurang, hal tersebut dikarenakan tidak adanya pembatas atau penahan dipinggirnya. Dengan kondisi jalan di tebing rais yang terbilang ekstrim jelas sangat menghambat aktifitas masyarakat sekitar yang selalu melintas, bagi masyarakat pengendara motor dan mobil jika tidak berhati – hati saat melintas bisa mengalami kecelakaan.

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Tebing Rais Air Paoh Baturaja, Selain Memprihatinkan Juga Membahayakan Pengguna Jalan

Masyarakat berharap agar jalan tebing rais yang kondisinya sangat memprihatikan dan membahayakan untuk segera diperbaiki dan kualitas pengerjaannya harus benar benar bermutu, karena jika tidak cepat ditangani secara serius dikhawatirkan kerusakan jalan di tebing rais Air paoh akan semakin luas dan bertambah parah.

Jose Robert (35) Warga Desa Air Paoh yang juga merupakan aktifis Kabupaten OKU dan pemerhati Pembangunan dengan melihat kondisi jalan tebing rais mengatakan, jalan di tebing rais Air paoh seharusnya diperhatikan apalagi ini jalan Kabupaten letaknya didalam kota, sangat miris kalau kondisi seperti ini dari tahun ke tahun tidak ada perubahan. Pernah dipebaiki jalan tersebut namun tidak lama rusak kembali. Kalau memang diperbaiki seharusnya kualitasnya bermutu jangan masyarakat yang selalu dirugikan dengan kualitas jalan yang tak lama rusak lagi.

“Kondisi jalan tebing rais desa Air paoh ini sangat dibutuhkan masyarakat disekitar sini, banyak perumahan disini bahkan seperti warga Batumarta dan OKU timur yang melintas jalan ini sebagai jalan alternatif, karena bisa memotong jarak dan waktu. Jalan merupakan sebagai penghubung, jika melihat kondisi seperti ini bagaimana perekonomian masyarakat didaerah kita bisa maju,”kata jose Robert kepada awak media Liputan4.com pada Rabu ( 29/09/2021).

Lanjut kembali Jose Robert menjelaskan, apalagi jika musim kemarau jalan menimbulkan debu sehingga sangat menggangu pernafasan para pengendara motor saat berada dibelakang kendaraan lain. Memasuki musim hujan jalan semakin licin sehingga sangat membahayakan sekali para pengguna jalan yang melintas jika tidak berhati -hati, semoga dalam hal ini dinas terkait untuk cepat tanggap dalam menanggapi keluhan masyarakat agar tidak banyak memakan korban.

“Awal perbaikan memang sudah menimbulkan masalah. Dan saat ini pun masih menimbulkan masalah kondisi jalan di tebing Rais Air paoh tersebut karena adanya gundukan yang terlalu tinggi hingga membuat sulit motor dan mobil saat melintas, terlebih lagi jika mobil yang bermuatan berat tidak sedikit yang mengalami musibah kecelakaan. Dalam kurun tahun ini saja sudah 3 kali mobil pengangkut barang dan semen mengalami kecelakaan karena sulitnya saat menanjak, semoga hal ini cepat diperhatikan pemerintah dan dinas terkait,”pungkas Robert.