WARGA KELUHKAN HALAMAN KANTOR KECAMATAN CICALENGKA YANG SEMRAWUT

Kab.Bandung-liputan4.com//
Lingkungan halaman kantor Kecamatan Cicalengka terkesan semrawut dan tidak terawat, Rabu ( 22/01/2020).

Kantor Kecamatan Cicalengka bukan hanya sebagai tempat Camat menjalankan tugas tetapi juga merupakan wajah Pemerintah Kabupaten Bandung. Dimana kantor Kecamatan sebagai garda terdepan berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap masyarakat.


Idealnya kantor Kecamatan harus mempunyai bangunan dan pelayanan yang baik, cepat, dan ideal. Dimana sarana dan prasana bagi pelayananan publik menjadi utama dan harus diperhatikan.

Melihat peran yang begitu penting, seharusnya kantor Kecamatan sebagai tempat bertugasnya Camat dapat mencerminkan tempat yang nyaman dan refresentatif untuk masyarakat dalam menikmati pelayanan.

Foto : Sisa – sisa material bangunan yang di biarkan menumpuk di halaman depan samping kiri Kantor Kecamatan Cicalengka (22/01/2020)

Hal ini tidak tercermin di Kantor Kecamatam Cicalengka, dimana halaman kantor bagian depan samping kiri menumpuk sisa-sisa material bangunan yang lama di biarkan ( seperti potongan kayu, batu, dan sisa pasir ). Ditambah bangunan gazeebo yang sebelumnya merupakan tempat bagi masyarakat untuk duduk ( ruang tunggu ) sambil menunggu pelayanan, saat ini penuh dengan barang-barang kantor (lemari, meja, white board dsb ) yang dibiarkan menumpuk sehingga sulit digunakan untuk tempat duduk.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Menengok bagian belakang samping kiri ada berupa koridor bangunan jaman dahulu yang atap gentingnya sudah pada pecah dan kayu-kayu penyangganya sudah pada lapuk. Diujungnya ada 2 kamar toilet yang sudah tidak berfungsi, bau, dan sangat kumuh. Sehingga masyarakat ketika berkunjung ke Kantor Kecamatan dan mau ke toilet merasa susah harus kemana.

Didin salah seorang masyarakat Cicalengka yang sedang membuat Kartu Keluarga ( KK ) mengutarakan , ” Melihat kondisi Kantor Kecamatan Cicalengka saat ini sangat kurang nyaman, dimana biasanya gazeebo untuk tempat duduk sekarang di penuhi lemari, meja, dan barang lainnya sehingga sulit untuk duduk disana. Apalagi ketika anak saya ingin buang air kecil, sulit bagi saya mencari toilet terdekat. ” ujar Didin.

Hal senada juga di sampaikan oleh Doni ketika di tanya mengenai kondisi Kantor Kecamatan Cicalengka saat ini, ” Mengeluhkan kondisi halaman kantor yang semrawut dan tidak tersedianya ruangan toilet, sehingga membuat sangat tidak nyaman.

Sarana dan prasana bagi pelayananan publik dalam hal ini kantor Kecamatan Cicalengka harus menjadi utama dan harus diperhatikan. Karena akan sangat menunjang terhadap kualitas pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai kalau kita bandingkan antara kantor Kecamatan dengan kantor Desa, masih jauh lebih bagus dan lebih nyaman kantor Desa…( kuswandi )