Warga Banjarsari Keluhkan Eceng Gondok Yang Menutupi Saluran Irigasi

KABUPATEN BEKASI – Liputan4.com
Masyarakat Desa Banjarsari Kabupaten Bekasi keluhkan banyaknya tanaman eceng gondok yang menutupi saluran irigasi yang mengalir disepanjang Desa Sukajaya, Desa Suka asih, Desa Banjarsari dan Desa Sukahurip.

Hal tersebut banyak dikeluhkan warga, pasalnya tumbuhan liar tersebut sudah menutupi hampir seluruh permukaan aliran irigasi yang digunakan warga untuk mengaliri areal pesawahan di wilayah tersebut, sehingga aliran irigasi tidak mengalir dengan lancar karena terhambat tumbuhan eceng gondok.

Salah satu warga Kampung Pulo tiga Desa Banjarsari Asep S menjelaskan jika aliran irigasi tersebut memang sudah lama tertutup tumbuhan eceng gondok, warga sendiri berupaya membersihkan tumbuhan tersebut dengan bergotong royong dengan mengangkat tumbuhan tersebut secara manual, namun hasilnya tidak maksimal, karena tumbuhan tersebut sangat banyak dan sepanjang aliran sungai yang tertutup hingga ke dusun pulo kukun dan pulo turi.

“Masalah eceng gondok memang sudah lama dikeluhkan warga khusus nya para petani di Desa kami yang kesulitan mengatasi tumbuhan liar itu, warga pernah juga bergotong royong mengangkat tumbuhan itu, namun hasilnya tidak maksimal, karena eceng gondok di aliran irigasi ini memang hampir tumbuh di sepanjang aliran irigasi ini, hingga ke dusun Pulo kukun dan Pulo turi”. Paparnya Kepada Media Liputan4.com.

Asep s berharap Agar Pemerintah segera mengambil langkah untuk menanggulangi masalah tersebut agar tumbuhan eceng gondok bisa terselesaikan agar aliran air yang mengalir di irigasi tersebut bisa di manfaatkan oleh para petani secara maksimal.

“Saya dan warga disini berharap agar Pemerintah dapat segera mengambil langkah cepat, untuk membersihkan eceng gondok tersebut, sehingga air yang mengalir di irigasi dapat dialirkan kepesawahan didesa kami, dan airnya dapat segera di gunakan secara maksimal oleh para petani”. Tambahnya.

Ada juga warga yang mengajak warga untuk bergotong royong membersihkan eceng gondok di Desa tersebut adalah Akun Media Sosial Facebook Jhelani, yang mengajak warga untuk bersama membersihkan sungai dengan memposting aliran sungai yang tertutup eceng gondok, dalam postingan nya Jhelani mengatakan “Ass..lkm..
Bpk/ibu pemerintahaan desa banjarsari..gmna nnti klo hr weknd Qt gotong royong GOLORAN untk masalah jalur kali kosambi cantilan&seterus’a…udh ga enak untk di pandang gmna petani mau hidup makmur klo saluran air’a ajja sprti ini…ayo dooonk Qt sports petani Qta agar dapt beraktivitas sprti biasa’a..??

Dengan banyak nya keluhan warga tersebut, semestinya pemerintah dapat segera sigap melakukan tindakan yang sedianya dapat membantu masyarakat melalui keluhan yang disampaikan oleh masyarakat.

Leave a Reply