Wali Kota Banjarmasin Dorong SKPD Inovasi Layanan Publik, Jangan Di Bikin Susah

Wali Kota Banjarmasin Dorong Skpd Inovasi Layanan Publik, Jangan Di Bikin Susah
STIK FAMIKA

 

Banjarmasin-Liputan 4.com.Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menekankan pentingnya inovasi-inovasi dalam kebijakan pelayanan prima bagi masyarakat. Terutama, aplikasi layanan publik berbasis teknologi informasi atau memanfaatkan sistem digitalisasi.


Hal ini berkelindan dengan hasil riset yang dikeluarkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Banjarmasin. Sosialisasi diseminasi hasil-hasil kelitbangan dan inovasi daerah Kota Banjarmasin tahun 2022 dihelat di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Kamis (14/4/22) lalu.

Kegiatan ini didesain dengan model hybrid. Ada peserta yang hadir di lokasi. Sisanya, beberapa narasumber dan peserta mengikutinya secara daring. Seperti menghadirkan Analis Kebijakan Ahli Muda Pusat Inovasi BPP Kementerian Dalam Negeri, Isman secara virtual dari Jakarta. Termasuk, sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkot Banjarmasin.

Walikota Ibnu Sina membuka resmi sosialisasi dan diseminasi itu didampingi Wakil Walikota H Arifin Noor, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman dan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali.

“Masukan dari berbagai pihak terkait inovasi pada hakikatnya memberi kemudahan dalam pelayanan publik. Jangan sampai membuat inovasi justru berujung pelayanan publik makin susah,”Ucap Ibnu Sina.

Saat ini, diakui Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini, banyak aplikasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi atau digitalisasi, karena untuk memudahkan akses publik terhadap layanan sebuah instansi atau institusi, khususnya pemerintahan daerah.

“Namun, harus diingat bagaimana menciptakan peluang-peluang dan juga cara kerja baru sehingga lebih mudah, meskipun dalam perjalanannya inovasi tersebut banyak mengarah ke aplikasi,”Tutur Ibnu.

Menurut Ibnu Sina, terobosan dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat, sasaran akhirnya adalah agar publik bisa lebih cepat terlayani.

“Tindak lanjut dari semua itu, saya sudah perintahkan agar masing-masing SKPD terus membuat inovasi yang bertujuan kepada kemudahan pelayanan. Sementara yang lain, kita tunggu inovasi-inovasinya,”Terang Ibnu Sina.(Irwan L4).

Print Friendly, Pdf & Email