Wali Kota Banjarbaru : MTQ XVIII Diharap Dapat Menjadi Media Dakwah

Wali Kota Banjarbaru : Mtq Xviii Diharap Dapat Menjadi Media Dakwah

 

BANJARBARU – Liputan 4.Com. Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Banjarbaru ke XVIII resmi dibuka Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, di Dekranasda Hub Mess L Banjarbaru, Kamis (21/07/22).


Sebelum dimulai acara tersebut, para kafillah tiap kecamatan Banjarbaru pawai dari depan Perpustakaan Banjarbaru menuju Dekranasda Hub Mess L Banjarbaru sebagai panggung utama pelaksanaan MTQ ke-XVIII.

Berbarengan dengan tibanya rombongan kafillah tiap kecamatan, Dewan Hakim turut dilantik oleh Walikota Banjarbaru.

Meski cuaca sempat gerimis, suasana pembukaan MTQ berjalan hikmat ditambah adanya tausiyah agama oleh KH Bahran Jamil usai pembukaan.

Aditya Mufti Ariffin selaku Walikota Banjarbaru dalam sambutannya menuturkan, dengan adanya MTQ ini diharapkan dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif di tengah-tengah masyarakat, serta sejalan dengan visi misi Banjarbaru JUARA.

“Secara nyata juga mengimplementasikan salah satu visi Banjarbaru Juara, Banjarbaru yang maju, Banjarbaru yang agamis dan Banjarbaru yang sejahtera,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Banjarbaru Wartono mengatakan, MTQ Ke XVIII tingkat Kota Banjarbaru merupakan pemanasan, yang mana nantinya Kota Banjarbaru menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023 mendatang.

“MTQ Ke XVIII merupakan bahan evaluasi tentang perencanaan MTQ ke depannya.

MTQ di Kota Banjarbaru sendiri sudah 2 tahun tidak terlaksana disebabkan pandemi covid-19,” ungkap Wartono kepada awak media.

Meski sederhana, kemeriahan tetap dirasa saat pembukaan MTQ XVIII Kota Banjarbaru, di Dekranasda Hub Mess L Banjarbaru.

Dalam persiapan sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi Kalsel, Wartono membeberkan pihak LPTQ Kota Banjarbaru terus melakukan kajian terhadap pelaksanaan MTQ sebelumnya.

“Kita mengkaji daerah-daerah lain yang sudah menyelenggarakan MTQ seperti Tanah Bumbu dan lain-lain, sebagai acuan baik penyelenggaraan hingga anggarannya,” katanya.

Sekadar informasi, total para kafillah ada 224 kafilah yang terdiri dari kafillah perwakilan kecamatan dan kafillah kategori umum putera maupun puteri, yang mana nantinya peraih juara bakal mewakili Kota Banjarbaru ke tingkat MTQ provinsi tahun 2023.(Liputan 4.Com).

Print Friendly, Pdf & Email