WALHI dan Jaringan Masyarakat Peduli Bayah (JMPB) Mengadakan Pendidikan Paralegal

  • Bagikan
WALHI dan Jaringan Masyarakat Peduli Bayah (JMPB) Mengadakan Pendidikan Paralegal

Liputan4.com LEBAK – Walhi Jakarta berkolaborasi dengan JMPB menggelar acara temu kampung “pendidikan paralegal” di islamic centre Bayah, pada tanggal 07 November 2020.

Meski acara tersebut dilaksanakan secara ofline, panitia tetap berusaha menerapkan protokol kesehatan seperti selalu menjaga jarak minimal 1 meter dan selalu memakai masker.

Sejumlah 25 peserta yang tergabung dalam empat wilayah, yakni dari Bayah Barat, Pamubulan, Lebak Tipar, dan Darmasari.turut hadir dalam acara tersebut

Diadakannya acara ini untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan dari warga Bayah mengenai pentingnya perlindungan HAM dan kesadaran warga dalam menyikapi pelanggaran HAM, khususnya Hak Atas Lingkungan Hidup di wilayah sekitarnya” kata Henriana, sekretaris pelaksana JMPB.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai HAM, apa saja jenis HAM dan bentuk pelanggaran HAM, khususnya Hak Atas Lingkungan Hidup. Juga memberikan wawasan mengenai bagaimana cara menanganinya apabila terdapat pelanggaran HAM diwilayahnya.

Sandi, salah satu staf advokasi WALHI, mengatakan “Tujuan dari kegiatan ini yang pertama adalah penguatan kapasitas kawan-kawan pemuda Bayah mengenai pengetahuan tentang paralegal agar perjuangan kawan-kawan pemuda Bayah sesuai dengan konstitusi, dan sesuai dengan hak-hak apa saja yang sedang diperjuangkan. Selanjutnya, untuk dapat memotivasi warga Bayah, juga meningkatkan kepercayaan diri dan supaya warga Bayah tidak takut lagi dalam memperjuangkan hak-haknya.”

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelanggaran HAM di sekitar lingkungannya dan mengetahui kemana pelanggaran tersebut harus dilaporkan.

“Semntara Sucia pemudi Bayah mengatakan, Dengan adanya kegiatan ini membuat saya selaku pemuda/pemudi Bayah merasa termotivasi dan lebih tersadarkan lagi akan permasalahan-permasalahan di lingkungan saya. Kegiatan ini juga menambah pengetahuan saya tentang advokasi dan HAM khususnya Hak atas Lingkungan Hidup. Saya berharap kedepan akan ada lagi kegiatan-kegiatan seperti ini agar lebih banyak lagi orang-orang yang lebih peka terhadap lingkungannya.” kata Sucia,(Hs/Citonk).

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

34
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

65
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

34
1
0