Wabup Kab.Batola :40 Persen Data BUMDes Dari 195 Desa Di Batola Yang Aktif

Wabup Kab.batola :40 Persen Data Bumdes Dari 195 Desa Di Batola Yang Aktif

 

MARABAHAN-Liputan 4.com Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor meminta, kepada seluruh peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota BPD dan Pengurus BUMDes se-Kecamatan Wanaraya lebih menggiatkan BUMDesnya masing-masing, mengingat dari data baru 40 persen BUMDes dari 195 desa di Batola terdaftar di Kemendes yang benar-benar aktif.


Pria yang juga menjabat Ketua PMI Batola itu berharap, angka ini bisa semakin ditingkatkan karena peran BUMDes penting dalam peningkatan ekonomi desa.

“Sepertinya BUMDes ini perlu kita buat grand desainnya agar pelatihan semacam ini bisa berkesinambungan dan berdampak pada semakin meningkatnya perekonomian masyarakat,” tambahnya, saat membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Anggota BPD dan Pengurus BUMDes se-Kecamatan Wanaraya di Hotel Rodhita Banjarmasin, Sabtu (21/5/2022) lalu.

Kepada para kades yang hadir, Ketua Kwarcab Batola ini berpesan, agar bisa menggerakkan masyarakatnya untuk menghidupkan BIMDes.

Dia juga mengatakan, kades merupakan penggagas dan penggerak BUMDes dan diyakini di tangan para kades BUMDes bisa lebih aktif dan berkembang.

“Tentunya bukan hanya tanggung jawab kades menghidupkan BUMDes, namun membutuhkan peran seluruh pihak untuk menggerakkan ekonomi desa,” ucapnya.

Terkait BPD, Rahmadi minta, para anggota BPD bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

“Pelatihan semacam ini menjadi penting dilakukan agar para anggota BPD bisa semakin memahami tupoksinya,” ujarnya.

Sementara, Ketua pelaksana Trisno Subroto menyebut, bimtek ini digelar sebagai upaya memberikan bekal bagi anggota BPD maupun BUMDes untuk dapat meningkatkan pendapatan desanya.

Kegiatan tersebut diikuti 36 anggota BPD dan 36 anggota Bumdes se-Kecamatan Wanaraya.

“Kita harapkan setelah pelatihan ini peserta bisa berkontribusi dalam peningkatan pendapatan desa melalui BUMDsnya,” jelasnya.(Irwan L4).

Print Friendly, Pdf & Email