News  

USPS BUMDES NAGROG GELAR RUPS KE-IX

Kab. Bandung-liputan4.com..Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) Unit Simpan Pinjam Syariah ( USPS ) Sumber Sejahtera ke-IX Bumdes Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kab. Bandung di selenggarakan di GOR Desa Nagrog. USPS Sumber Sejahtera telah berhasil meningkatkan pendapatan usahanya dan memberikan pendapatan asli desa ( PAD ) kepada Desa Nagrog tahun 2019 sebesar 68 jt, dimana 30 jt untuk kontribusi ke Pemerintah Desa dan 38 jt untuk kegiatan sosial, Rabu ( 15/01/2020).

Badan usaha milik desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa yang memiliki badan hukum. Dimana Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa yang ada dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa yang kepengurusannya terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.


Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat menjalankan semua jenia usaha termasuk usaha simpan pinjam.

BUMDes Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, salah satu contohnya. Lewat unit usaha simpan pinjam syariahnya kini telah terjadi peningkatan ekonomi di Desa Nagrog melalui pemberian pinjaman kepada para pelaku usaha kecil yang ada di masyarakat dan memberikan PAD Kepada Desa Nagrog dari tahun ke tahunnya.

Sampai saat ini Bumdes Desa Nagrog telah memiliki asset sebesar 2,2 M dengan jumlah anggota kurang lebih 3000 orang. Pada RUPS ke-IX UPPS Sumber Sejahtera membagikan sisa hasil usaha berupa uang kepada anggota sebesar 130 jt dan berupa berupa door prize sebesar 30 jt.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Gungun Suganda Kepala Desa Nagrog mengatakan Peran serta masyarakat dalam membangun dan membesarkan Bumdes sangat menentukan. Bumdes Desa Nagrog bukan milik pribadi atau Kepala Desa tapi merupakan milik semua masyarakat Desa Nagrog. Lewat Dinas PMD Kabupaten Bandung dan unsur Forkopimca Kecamatan Cicalengka serta semua masyarakat Desa Nagrog yang telah memberikan support yang luar biasa sehingga Bumdes bisa seperti ini. Ditahun 2019 telah dibuka lagi selain unit usaha pinjam simpan ada juga unit usaha kredit motor dan unit pengolahan makanan tradisional serta pengelolaan warung di wilayah Taman Hutan Hayati.

” Dari Tahun ke tahun PAD dari Bumdes terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, mudah- mudahan para pengurus Bumdes dengan bisa menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya dan saya memberikan penghargaan setinggi – tingginya kepada para pengurus yang telah bersinergi membangun Bumdes dan selalu berkoordinasi baik dengan pemerintahan desa,” katanya.

Lebih lanjut gun gun mengatakan Di tahun 2020 Pemerintah Desa Nagrog tidak akan mengalokasikan dana sebagai penyertaan modal usaha kepada Bumdes, tetapi akan dialokasikan untuk pembangunan kolam renang dan objek wisata di tanah carik Desa dan pengelolaannya akan diserahkan kepada Bumdes. Untuk unit usaha lainnya sampai saat ini belum menghasilkan PAD, tapi di harapkan di tahun 2020 melihat kondisi usaha yang berjalan dengan cukup baik dapat memberikan PAD untuk Desa, ungkapnya.

Pemerintah Desa Nagrog telah berkontribusi sangat baik membawa nama baik Kecamatan Cicalengka di tingkat Nasional. Dimana Bumdes Nagrog merupakan juara pertama di Jawa Barat dan juara di tingkat Nasional, semua itu berkat dorongan dari Dinas PMD Kabupaten Bandung dan sinergisitas pengurus Bumdes dan Pemerintahan Desa. Di tingkat Kecamatan Cicalengka Ada 2 desa mandiri yaitu Desa Nagrog dan Desa Tenjolaya dan 10 desa maju. Mudah-mudahan desa yang lainnya segera menyusul untuk mencontoh desa Nagrog menuju arah yang lebih baik ungkap Entang Kurnia Camat Cicalengka.

Kabid PUEMD Dinas PMD Kab. Bandung Aning Suciningsih, SH, MM berharap Bumdes yang ada di Kabupaten Bandung terus meningkat baik usaha maupun manajemennya sehingga bisa berkontribusi untuk PAD desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa..( kuswandi )