UPTD Puskesmas Wotu Gelar MMD Di Desa Balo-Balo

Uptd Puskesmas Wotu Gelar Mmd Di Desa Balo-Balo

Luwu Timur –UPTD Puskesmas Wotu menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di kantor Desa Balo-Balo, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Rabu, (30-03-2022).

Kepala Desa Balo-Balo Ahmad Lamo dalam pengantarnya sangat berterimakasih Kepada Pihak PKM Wotu dalam menggelar Musyawarah Desa dalam melakukan survey kondisi kesehatan Masyarakat.”Kami sangat berterima kasih kepada Pihak PKM wotu menggelar kegiatan MMD ini untuk membicarakan kondisi kesehatan masyarakat”. kata Ahmad Lamo


Kegiatan ini dimaksudkan untuk membicarakan hasil survey yang dilakukan oleh kader kesehatan desa dan bidang kesehatan lingkungan PKM Wotu terhadap kondisi kesehatan masyarakat Desa Balo-Balo. Tujuannya adalah agar seluruh pemangku kepentingan dan stakholder desa tahu bagaimana kondisi kesehatan masyarakat saat ini, disampaikan oleh Nafsiah. SKM selaku yang membidangi kesling UPTD Puskesmas Wotu bahwa untuk Desa Balo-Balo beberapa catatan penting mengenai kesehatan diantaranya :

 

Pola hidup masyarakat yang ditemui  merokok sembarangan tempat masih sangat tinggi di Desa Balo-Balo, sehingga diharapkan dengan kondisi tersebut pemerintah desa bersama masyarakat agar menyiapkan dan menyetujui pojok rokok ditempat tertentu, untuk meminimalisir resiko bagi perokok aktif maupun passif. selain itu, sambung Bu Nafsiah bahwa saat ini juga kita perlu Tahu ada Perda Luwu Timur No. 9 Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Sistem  pembuangan Limbah masyarakat, Selain Rokok, Sistem Pembuangan Limbah masyarakat juga menjadi perhatian bagi Puskesmas, karena itu sejak Tahun 2021 hingga tahun 2022 Program Pemerintah melalui dana DAK terus memberikan bantuan Saptik Tank bagi warga yang sistem pembuangannya belum memadai.

Kebersihan lingkungan, Dari hasil survey tersebut dalam MMD kali ini, pihak PKM Wotu juga memaparkan pentingnya warga masyarakat untuk selalu membersihkan halaman rumah. melalui kepala dusun untuk giat melaksanakan Gotong Royong dalam rangka kebersihan lingkungan.

Kondisi air Sumur di salah satu sumur yang disampel berdasarkan hasil pemeriksaan sains ditemukan air sumur mengandung Bakteri Escherichia coli (E.Coli), Bakteri ini salah satu jenis bakteri yang dapat ditemukan di dalam saluran pencernaan manusia dan hewan, sehingga terkadang menyebabkan diare, infeksi saluran kemih, gangguan pernafasan, dan beberapa gangguan lainnya. untuk mengatasi hal ini salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa Balo-Balo adalah memaksimalkan penyaluran air PDAM melalui perpiaan PAMSIMAS yang saat iini telah diserah terimakan ke pemerintah desa, dan pemerintah desa juga telah membentuk pengurus KPSPAMS yang akan mengurusi teknis pengelolaan air bersih di desa Balo-Balo.
MMD Balo-Balo bersama PKM Wotu

MMD kali ini dihadiri oleh Kepala Desa Balo-Balo Ahmad Lamo, wakil ketua BPD Muh. Idrus serta seluruh aparat desa dan kader desa serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.